Sukses

Selain Kijang dan Macan, Mobil-Mobil Ini Juga Menggunakan Nama Binatang

Dari berbagai nama, pengambilan nama binatang cukup banyak digunakan oleh pabrikan otomotif dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Nama adalah doa. Ungkapan tersebut, sepertinya sangat berpengaruh di industri otomotif. Pasalnya, pemberian nama untuk satu model atau merek, menjadi cukup penting. Berbagai inspirasi sesuatu hal, bisa dijadikan nama untuk model atau merek mobil.

Nah, dari berbagai nama, pengambilan nama binatang cukup banyak digunakan oleh pabrikan otomotif dunia. Sebut saja Toyota Kijang, Porsche Macan, Daihatsu Zebra, Mitsubishi Kuda, atau merek Jaguar menjadi nama-nama yang sangat akrab di telinga pecinta otomotif.

Tentu saja pemberian nama hewan untuk satu mdel atau merek memiliki arti sendiri. Bisa saja, kehebatan dan ketangguhan dari hewan itu bisa menular dalam penjualan mobil tersebut.

Berikut, beberapa nama binatang yang menjadi atau menginspirasi sebutan untuk suatu model atau merek roda empat, dilansir dari berbagai sumber:

Khusus Toyota, nama Kijang yang merupakan hewan sangat lincah itu telah lahir di era 70-an tersebut hingga saat ini masih eksis di dunia otomotif. Bahkan mobil yang diproduksi di Indonesia itu telah di ekspor ke manca Negara.

Selain itu, ada Porsche. Perusahaan asal Jerman ini membuat SUV tangguh beberapa tahun lalu dengan sebuatan Macan. Ya, nama macan sama artinya dengan tiger jika dalam bahasa Inggris.

Nama macan sendiri memang sangat familiar untuk masyarakat Indonesia.

Hanya saja, banyak orang di luar sana yang tak tahu jika macan adalah sebuah binatang. Alhasil, mereka hanya menyebutnya seperti mengeja kata makan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lamborghini Urus

Urus (Lamborghini)

Sosok mobil SUV gagah dari Lamborghini ini ternyata diambil dari sebuah nama hewan sejenis lembu yang kini sudah punah.

Jaguar

Nama ini bahkan bukan digunakan untuk sebuah produk, tetapi perusahaan otomotif asal Inggris ini menggunakan nama hewan sejenis kucing besar untuk merek atau brand itu sendiri.

3 dari 4 halaman

Beetle (Volkswagen)

Beetle sendiri adalah sejenis kumbang. Meski namanya kumbang, namun VW Beetle di Indonesia justru lebih dikenal dengan sebutan Kodok.

Barracuda (Plymouth)

Barakuda sendiri merupakan sejenis ikan dalam kelas Actinopterygii yang dikenal karena wujudnya menyeramkan dan berukuran tubuh besar, yaitu sampai panjang enam kaki dan lebar satu kaki. Tubuhnya panjang dan ditutupi oleh sisik yang halus.

Bison (Chevrolet heavy-duty truck)

Bentuknya memang seperti banteng, namun hewan ini cukup besar dan kebanyakan tinggal di bagian utara Eropa atau Amerika.

4 dari 4 halaman

Ford Mustang

Mustang (Ford)

Hewan ini sejenis kuda feral yang berasal dari barat Amerika Utara. Mustang telah dibawa masuk ke Amerika oleh Spanyol. Mustang sering dianggap sebagai kuda liar, tetapi istilah yang lebih tepat adalah kuda feral.

Selain itu, seperti dilansir howstuffworks, nama-nama mobil dari nama hewan masih banyak seperti Blackhawk (Stutz), Bluebird (Nissan/Datsun), Bronco (Ford), Charger (Dodge), Cheetah (merek mobil sport di tahun 1960), Cobra (Shelby, Shelby-Ford), Cougar (Mercury), Fox (Audi, Volkswagen), Gazelle (Singer), Honey Bee (Nissan/Datsun), Lark (Studebaker), Marlin (AMC), Pinto (Ford), Rabbit (Volkswagen), Ram (Dodge), Road Runner (Plymouth), Sable (Mercury), Skylark (Buick), Spider/Spyder (Porsche), Stag (Triumph), Sting Ray/Stingray (Chevrolet Corvette), Super Bee (Dodge), Thunderbird (Ford), Wasp (Hudson), White Eagle (Kissel), atau Wildcat (Buick).

Kira-kira masih ada lagikah nama mobil yang diambil dari nama hewan atau binatang?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.