Sukses

Mengenal Electrovair, Cikal Bakal Mobil Listrik Modern General Motors

Liputan6.com, Jakarta Mobil listrik punya sejarah panjang di dunia. Bahkan keberadaannya sudah terekam sejak lebih dari seratus tahun.

Mobil listrik pertama dunia tercipta hampir 200 tahun lalu. Tepatnya pada 1832, Robert Anderson, seorang berkebangsaan Skotlandia mengembangkan kendaraan listrik untuk pertama kalinya.

Kini, kembali produsen otomotif dunia berlomba-lomba menciptakan kendaraan listrik. Era elektrifikasi mulai hadir dan diperkirakan menjadi tren pada 2030 nanti.

Dalam kurun 2 abad itu, bukan berarti perjalanan pengembangan mobil listrik berhenti di era kejayaan motor bakar. Banyak catatan yang dimiliki produsen otomotif dunia dalam mengembangkan mobil.

General Motors salah satu yang punya model-model lawas mobil listrik. Seperti Electrovair yang keluar pada 1964 .

 

2 dari 4 halaman

Berbasis GM Corvair

Dikutip dari Carscoops, mobil ini didasarkan pada Corvair, yang dengan sendirinya cukup menarik karena bermesin belakang dan berpendingin udara. Electrovair lantas diformat ulang. Mesin ditanggalkan dan memasukan motor listrik 90 Tk (67 kW) yang ditenagai oleh baterai perak-seng 450 Volt.

Untuk era itu, spesifikasinya sudah cukup mumpuni walau belum seberapa wah untuk mobil masa kini.

Dua tahun kemudian, GM menindaklanjuti dengan Electrovair II, yang membuat sejumlah perbaikan. Salah satu yang terbesar adalah penggunaan motor listrik yang lebih kuat, 115 Tk (85 kW). Ini hampir peningkatan 28 persen dari motor asli. Komposisi ini membuat Electrovair II bisa mencapai kecepatan tertinggi 80 mph (129 km/jam).

Itu bukan satu-satunya perubahan, mobil listrik ini memakai baterai perak-seng 532 Volt. Dengan baterai tersebut Electrovair II bisa menjangkau 40-80 mil (64-129 km).

 

3 dari 4 halaman

Cikal Bakal Mobil Listrik Modern GM

Berlanjut ke tahun-tahun kemudian, teknologi kendaraan listrik GM ditunjukkan kepada dunia ketika Lunar Roving Vehicle mendarat di bulan pada tahun 1971.

GM bermitra dengan Boeing pada proyek tersebut dan tampaknya acara tersebut akan diperingati pada GMC Hummer EV. Pikap listrik akan memiliki peta topografi Laut Ketenangan, yang merupakan tempat Buzz Aldrin dan Neil Armstrong mendarat di bulan.

Electrovair tidak pernah ditujukan untuk produksi massal karena teknologi cukup baik. Tetapi hal ini dapat dilihat sebagai pembuka jalan bagi mobil listrik modern GM seperti Chevrolet Bolt dan Cadillac Lyriq yang akan datang.

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: