Sukses

Wajib Tahu, Begini Cara Bedakan Bensin Asli atau Oplosan

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik kendaraan, baik mobil ataupun motor memang sebaiknya membeli bahan bakar, baik bensin ataupun solar di tempat resmi, atau stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Namun, terkadang karena sesuatu hal, baik itu terburu-buru ataupun tidak ada SPBU yang dekat di saat kehabisan bahan bakar, terpaksa harus membeli eceran di pinggir jalan.

Tapi, perlu diwaspadai, karena ada oknum penjualan bakan bakar eceran yang nakal, dengan mengoplos bensin dan dicampur dengan cairan lain. Lalu, bagaimana cara membedakan bensin asli atau oplosan?

Melansir laman resmi Federal Oil, cara membedakan bensin asli atau oplosan pertama bisa dilihat dari warnanya. Bensin oplosan biasanya warnanya tidak pekat dan cenderung lebih bening karena ada campuran-campuran zat lain didalamnya

Cara kedua, tes celupkan jari kalian kedalam bensin. Tidak usah terlalu dalam, cukup satu ruas jari saja, setelah itu, diamkan sekitar satu menit, apakah bensin tersebut menguap dengan cepat ataukah masih ada sisa yang menempel di jari.

Kalau masih ada sisa yang menempel di permukaan jari kalian, dapat dipastikan itu adalah bensin oplosan.

2 dari 3 halaman

Cara Terakhir

Cara terakhir, tapi butuh media koran bekas untuk menggunakannya.

Cukup celupkan koran bekas kedalam bensin yang terindikasi dioplos oleh penjualnya, nantinya jika koran tersebut luntur maka dapat dipastikan itu juga bensin oplosan.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: