Sukses

Tips Sederhana agar Microsleep Tak Menyerang Saat Berkendara

Saat mengantuk dan terpaksa harus menyetir, bisa saja terjadi microsleep alias tertidur beberapa detik. Meski terbilang sangat singkat, microsleep bisa berakibat fatal.

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin perlu sekali-kali keluar rumah untuk membeli kebutuhan pokok saat PSBB diterapkan. Yang perlu diwaspadai, rasa kantuk bisa tiba-tiba menyerang saat berkendara. 

Hal itu juga bisa membuat konsentrasi mudah buyar saat siang hari. Terutama akan lebih terasa ketika pukul 2 siang hingga 4 sore.

Saat mengantuk dan terpaksa harus menyetir, bisa saja terjadi microsleep alias tertidur beberapa detik. Meski terbilang sangat singkat, microsleep bisa berakibat fatal.

Lalu bagaimana supaya tak terjadi microsleep?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidur di Malam Hari

Dilansir Auto2000, yang harus Anda lakukan adalah tetap paksakan diri membuat jadwal tidur tetap di malam hari. Usahakan juga untuk sering terpapar sinar matahari di siang hari untuk memperkuat jam biologis.

Hindari cahaya dari layar gadget atau televisi sebelum tidur malam. Selain itu, jaga pola makan, karena diet seimbang bisa membantu tidur dengan baik. Jika terbiasa tidur dengan kondisi perut tidak kosong, maka camilan dengan porsi ringan masih diizinkan.

3 dari 4 halaman

Kafein

Kemudian, hindari minuman dengan kandungan kafein atau soda minimal empat jam sebelum waktu tidur. Perbanyak minum air putih sebagai pengganti di siang hari dan menjaga tubuh tidak mudah lemas.

Sempatkan tidur siang, meskipun hanya 15 atau 30 menit saja. Jika rasa kantuk sudah sangat menyerang ketika menyetir, menepilah di tempat aman dan tidur sebentar. Saat bangun, lakukan gerakan olahraga ringan dan cuci muka agar segar.

Sumber: Otosia.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini