Sukses

Mengenal i-Cockpit, Desain Kabin Mobil Masa Depan Peugeot

Peugeot i-Cockpit ini sudah diperkenalkan pada 2010 di mobil konsep Peugeot SR1

Liputan6.com, Jakarta - Industri otomotif tak terlepas dari perkembangan teknologi yang bakal disematkan pada sebuah kendaraan. Tidak hanya soal fitur canggih, tapi juga desain menawan dari eksterior maupun interior, seperti yang dilakukan Peugeot, dengan mengembangkan i-Cockpit.

Sejatinya, Peugeot i-Cockpit ini sudah diperkenalkan pada 2010 di mobil konsep Peugeot SR1. Saat ini, desain kabin tersebut menjadi salah satu simbol dari merek berlambang Singa ini, dan menjadi salah satu komponen penting yang sukses terjual lebih dari 5 juta unit di seluruh dunia.

Lahir dari sebuah mobil konsep

Walaupun Peugeot i-Cockpit disematkan Peugeot 208 generasi pertama pada 2012, namun gaya desain interior tersebut ada pada pengembangan mobil konsep Peugeot SR1.

Layout arsitektur kursi pengemudi ini memberikan seluruh informasi kendaraan, dan pandangan di jalan tanpa mengganggu satu dengan yang lainnya, begitu teritegrasi.

Komponen utama

Semenjak kemunculannya itu, Peugeot i-Cockpit® selalu dikembangkan dengan tetap mempertahankan komponen-komponen utama yang menjadi dasar desain interior dari jajaran mobil Peugeot.

Compact Steering Wheel, memberikan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan dan pengendalian kendaraan yang lebih baik.

Head-up Handset, mulai pada model Peugeot 3008 SUV menjadi sebuah layar informasi kendaraan berbentuk digital dengan beragam konfigurasi dan animasi.

Centre Console HD Touchscreen, berada pada jangkauan jari dan juga dalam posisi pandangan yang pas. Piano Keys Toggle Switches, memberikan akses kenyamanan yang mudah untuk berbagai pengaturan kendaraan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Eye

Selain itu, terdapat juga yang disebut Eye, seluruh informasi berada pada jarak pandang pengemudi sehingga pengemudi tidak perlu melepas pandangan dari jalanan.

Hands, material-material yang digunakan sangat nyaman untuk disentuh, tombol-tombol fisik juga ditempatkan begitu mudah dari jangkauan pengemudi.

Bentuk tuas transmisi dengan penempatan sangat nyaman untuk dioperasikan dan posisi roda kemudi tepat dengan bantuan paddle shift yang memudahkan mengendalikan kendaraan sesuai keinginan pengemudi.

3 dari 3 halaman

Poin Penting

Body, bentuk kursi yang sangat ergonomis dan menopang pengemudi. Memberikan kenyamanan dan keamanan maksimal.

Untuk mendesain sebuah Peugeot i-Cockpit, banyak aturan dalam hal ergonomis, visibilitas, dan arsitektur yang harus dipatuhi.

Dasarnya adalah bagaimana membuat berbagai tipe tubuh akan mendapatkan kenyamanan namun tetap mendapatkan garis pandang yang maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.