Sukses

Toyota Indonesia Kembali Berkontribusi dalam Penanganan Pandemi Corona Covid-19

Toyota Indonesia kembali berkontribusi dalam penanganan pandemi Corona Covid-19 di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Indonesia kembali berkontribusi dalam penanganan pandemi Corona Covid-19 di Tanah Air. Terbaru, Toyota Indonesia yang terdiri dari PT. Toyota-Astra Motor (TAM) dan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) beserta dengan dealer, supply chain, dan afiliasinya, memberikan bantuan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Adapun bantuan yang diberikan berupa kebutuhan pokok rumah tangga, perlengkapan untuk tenaga medis, dan juga berbagi keahlian Toyota Production System (TPS).

"Kami berharap, donasi dari Toyota Indonesia ini dapat mendukung sarana dan prasana dalam percepatan penanganan wabah COVID-19," terang President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda, dalam keterangan resminya, Kamis (14/5/2020).

Untuk mendukung mobilitas tenaga medis, Toyota Indonesia mendonasikan 5 ambulans berbasis Toyota Kijang Innova yang nantinya akan disalurkan ke Rumah Sakit melalui PMI dan Kemenkes. Bersama PT. Serasi Autoraya (SERA), disediakan 68 mobil untuk menunjang mobilitas tenaga medis COVID-19 di 15 kota besar di Indonesia.

Selain itu, Toyota Indonesia bersama dengan supply chain yang tergabung dalam Toyota Manufacturers Club, Toyota Equipment & Facility Club, dan Toyota Logistic Community juga memberikan 105.000 Alat Pelindung Diri (APD) kepada PMI dan Kemenkes yang terdiri dari Gloves, Protection Clothes, Disposable Medical Mask, Non-Medical Mask, Medical Goggle, Medical Cap, Shoe Cover, N-95 Mask dan Face Shield serta juga Vitamin.

"Kami berharap dukungan ini dapat memberikan nilai tambah serta efisiensi di berbagai sektor terutama bagi pihak-pihak yang berhadapan langsung dengan pandemi COVID-19," kata President Director PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono dalam keterangan resmi yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontribusi Lanjutan

Sebelumnya Toyota Indonesia telah melakukan beberapa kontribusi untuk mendukung penanggulangan wabah COVID-19, antara lain:

1. Bantuan langsung berupa pemberian paket bahan pokok dan kebutuhan untuk menjaga kebersihan diri untuk mencegah penularan COVID-19 seperti hand sanitizer, masker kain, sabun cuci tangan, alat pencuci tangan portabel serta kebutuhan lainnya kepada masyarakat di sekitar area kerja TAM, TMMIN, dan dealer Toyota di seluruh Indonesia.

2. 1.000 APD melalui program SATRIA ke beberapa Rumah Sakit dan Puskemas di Indonesia

3. Bersama dengan Astra International menyiapkan 5 unit Dyna yang digunakan untuk disinfektan kepada PMI

4. Turut ambil bagian dalam memberikan dukungan penuh pada Industri Kecil Menengah (IKM) dan supply chain melalui memfasilitasi para pihak dengan supply chain yang memiliki kapabilitas rancang bangun sekaligus mentransfer pengetahuan dan pengalaman dalam kegiatan manufaktur yang efisien dengan harapan dapat membantu mempercepat pengembangan alat kesehatan dan APD di dalam negeri.

5. Memperkenalkan Toyota Production System untuk membantu memperbaiki sistem logistik bersama Palang Merah Indonesia agar menjadi lebih efisien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.