Sukses

Skutik Suka Gredek, Ini Penyebab dan Solusinya

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik skuter matik atau skutik, pasti pernah mengalami motornya bunyi gredek atau getaran kasar bahkan menyentak, seperti bunyi kopling di mesin yang tidak pas. Biasanya, bunyi tersebut terdengar saat pengendara menekan gas dari posisi pelan dan kencang.

Dalam kondisi tersebut, ada kalanya pemilik membiarkan hal tersebut. Tapi, tidak jarang pemilik juga merasa tidak nyaman, karena bunyi tersebut cukup menggangu dan terkesan seperti mesin yang rusak.

Seperti dilansir laman resmi Wahana Honda, penyebab bunyi gredeg tersebut adalah terdapat kotoran pada area Continuously Variable Transmission (CVT) yang ada di dalam motor.

Kotoran tersebut muncul karena disebabkan banyak hal, mulai dari lingkungan sekitar seperti debu atau lumpur atau juga karena kampas gandanya yang bermasalah.

Penyebab kedua adalah terletak pada rubber clutch damper atau karet penahan kampas ganda yang sudah mengeras. Dengan mengerasnya karet tersebut, maka kampas ganda menjadi goyang karena tidak ada penyangganya. Dan karena kampas ganda goyang, maka akan terjadi benturan atau gesekan dengan mangkuk tempat koling berada.

Penyebab ketiga adalah grease atau gemuk pada pulley bocor, sudah mengeras atau sudah menipis. Dengan keadaan seperti itu, maka kampas ganda akan mudah bergoyang. Penyebab keempat adalah terjadi kerusahan pada roller weight atau roller CVT serta fan belt yang sudah mulai aus.

2 dari 3 halaman

Solusi

Bunyi gredeg ini, sejatinya bisa diperbaiki sendiri, yaitu dengan membersihkan mangkuk yang menjadi rumah kopling. Setelah itu, bersihkan juga kotoran yang ada di fan belt serta roller-nya.

Langkah selanjutnya adalah Anda harus periksa per pengikat kampas kopling ganda. Namun apabila setelah membersihkan bagian-bagian tersebut dan motor matik masih berbunyi gredek-gredek, maka tidak ada cara lain, Anda harus menggantinya dengan perangkat yang dijual di bengkel resmi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Dianggap Tak Penting, Pabrikan Mobil Ini Dipaksa Setop Produksi karena Corona Covid-19
Artikel Selanjutnya
Top3 Berita Hari Ini: Campur Tangan Wanita dalam Pengembangan Kawasaki Ninja dan Perpanjang SIM Dapat Dispensasi