Sukses

5 Tanjakan Angker di Indonesia yang Perlu Diwaspadai

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa tanjakan curam di Indonesia dipercaya ada penunggu makhluk gaib oleh warga sekitar. Misalkan saja  kepercayaan tentang penunggu di tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat. Di lokasi itu kerap terjadi kecelakaan yang memakan korban nyawa.

Pada awal tahun 2018 lalu, kecelakaan tragis terjadi. Sekitar 27 orang tewas dalam kecelakaan itu. Peristiwa-peristiwa seperti tak jarang dikaitkan dengan hal-hal mistis.

Rupanya, tak hanya di tanjakan Emen yang dipercayai memilik penunggu. Dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, ada beberapa tanjakan lain yang diyakini memiliki penunggu, bahkan kerap mengusili pengguna jalan.

1. Tanjakan Tarahan Lampung

Menurut mitos yang beredar, tidak hanya kecelakaan, kendaraan yang melintas di daerah ini kerap mati mendadak. Tak diketahui apa penyebabnya, banyak sopir dan kernet bus membawa balok untuk mengantisipasi mogok di jalur ini.

2. Tanjakan Manula, Jalur Lintas Barat Bengkulu-Lampung

Selain curam, di tanjakan ini juga kerap terjadi kriminalitas. Bahkan hal itu bisa merenggut korban jiwa.

Salah satu insiden yang masih kerap diceritakan yakni soal sepasang pengantin baru yang tewas di jalur tersebut. Arwah mereka dipercaya masih gentayangan di tanjakan tersebut untuk meminta pertolongan.

 

2 dari 3 halaman

3. Tanjakan Mandalawangi Banten

Tanjakan ini disinyalir sering memakan dan memanggil korban secara rutin tiap tahunnya. Entah menagapa, kondisi jalan yang curam dan sangat menanjak membuat banyak kendaraan gagal melewati jalur tersebut dan terpaksa harus berputar arah.

4. Tanjakan Krumput Banyumas

Bagi pengenadara yang hendak menuju Purwokerto dari Yogyakarta, biasanya akan melewati jalur tanjakan Krumput sebagai jalur alternatif. Jalur tersebut dipercaya memiliki banyak penunggu. Selain itu, pengendara yang lewat diyakini harus melempar koin agar tidak tertimpa kesialan.

 

3 dari 3 halaman

5. Tanjakan Gombel Semarang

Berada di jalur menuju Banyumanik, jalur ini akan dilewati jika dari arah Jatingaleh. Diyakini jika pengendara yang sedang sial, maka akan diganggu dan bertemu dengan peremuan berwujud wwewe gombel yang kerap menampakkan dirinya.

Sumber: Brilio.net