Sukses

Elnusa Selenggarakan Kompetisi Safety Driving untuk Awak Truk Tangki

Liputan6.com, Jakarta PT Elnusa Tbk (Elnusa), anak usaha dari PT Pertamina (Persero) ini menyelenggarakan Defensive & Responsible Driving Festival atau EDRD Festival, guna meningkatkan budaya keselamatan kerja pada berbagai lini kegiatan operasionalnya.

Acara ini diselenggarakan pada 22 Februari 2020, di Sirkuit Sentul, Bogor. Gelaran ini mengusung tema “Beyond Safety with Our Family”, yang merupakan ajang apresiasi untuk awak truk tangki anak usaha Elnusa, PT Elnusa Petrofin (EPN).

Elnusa juga telah berhasil mencatatkan 40 juta lebih jam kerja aman, dimulai pada tahun 2019. Tidak ada kecelakaan kerja, maupun hilangnya waktu kerja karena kecelakaan.

“ Gelaran hari ini merupakan salah satu upaya kami untuk terus meningkatkan budaya kerja aman, terutama dalam berkendara aman mobil tangki,” ujar Hery Setiawan, selaku Direktur Keuangan Elnusa.

Selain gelaran kompetisi berkendara aman, festival ini juga menyajikan dialog dengan pakar keselamatan kerja. Banyak kegiatan yang dapat diikuti dan serta hiburan menarik telah dihadirkan oleh PT Elnusa diacara ini.

PT Elnusa merupakan satu-satunya perusahaan nasional yang menguasai kompetensi di bidang jasa minyak dan gas. Salah satu layanan dari perusahaan jasa energi ini yaitu transportasi BBMnya. Dan Mobil tangki yang menjadi ujung tombak distribusi ini.

“ Oleh karenanya untuk meningkatkan keahlian mengemudi aman awak mobil tangki yang dimiliki, kami menggelar kegiatan ini,” lanjut Hery.

 

2 dari 2 halaman

Kunci Kualitas Layanan

Hery menambahkan, ”Berkendara aman saat mendistribusikan BBM merupakan kunci kualitas layanan jasa Elnusa. Kualitas SDM awak mobil tangki sangat menentukan kualitas layanan jasa tersebut. Untuk itu peningkatan kualitas SDM ini perlu dikelola melalui berbagai upaya sehingga distribusi BBM ke seluruh pelosok daerah di Indonesia dapat berlangsung dengan baik dan aman.”

Peserta awak truk tangki yang ikut berpartisipasi berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Selain mengkompetisikan mobil tangki miliknya sendiri, Elnusa juga mengajak beberapa perusahaan transportasi untuk ikut serta dalam kompetisi ini.

Ahmad Yani selaku Direktur Angkutan dan Multimoda Kementerian Perhubungan Republik Indonesia juga mengatakan bahwa keselamatan berkendara baik pribadi maupun operasional korporasi merupakan tanggung jawab semua pihak .

“Yang tidak kalah penting saya mengajak semua pihak untuk juga mematuhi peraturan yang ada, baik dari vehicle, surat ijin mengemudi yang sesuai serta peraturan lalu lintas” tutupnya.

”Dengan adanya festival ini, diharapkan para pekerja maupun masyarakat yang hadir dapat meningkatkan pengetahuan terhadap keselamatan kerja dalam berkendara, sehingga mendukung budaya berkendara aman di Indonesia,”tutup Hery Setiawan, selaku Direktur Keuangan Elnusa.

Penulis: Gilang Seftian

Loading