Sukses

4 Langkah Penting Ini Bisa Menyelamatkan Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Liputan6.com, Jakarta - Meski tak ada yang ingin mengalami kecelakaan lalu lintas, beberapa pengendara bisa saja terlibat hal ini karena beberapa faktor, seperti kelelahan atau pelanggaran lalu lintas.

Harus selalu berhati-hati, sesama pengguna jalan juga harus mengetahui beberapa hal penting, tak kecuali langkah yang harus dilakukan apabila melihat kecelakaan.

Seperti dilansir katalog terbitan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ada dua hal penting mengapa korban kecelakaan harus segera ditolong.

Hal pertama, korban kecelakaan yang tidak segera ditolong dapat terancam kematian. Hal kedua ialah pertolongan pertama yang tepat sebelum tenaga medis datang, dapat menyelamatkan jiwa korban dan mencegah kecacatan.

Semua orang bisa menjadi penolong, ada 4 langkah besar yang perlu diperhatikan saat melihat kecelakaan, yakni segera hubungi 119, amankan diri, amankan lingkungan, dan amankan korban.

Setelah menghubungi 119, pastikan diri anda tidak ikut celaka. Minta bantuan orang sekitar untuk mengamankan lokasi kejadian.

2 dari 2 halaman

Matikan Mesin Kendaraan

Matikan semua mesin kendaraan bermotor yang terlibat dalam kecelakaan. Dahulukan menolong korban yang masih hidup. Bila memungkinkan, pindahkan korban ke lokasi yang lebih aman dengan cara yang benar dan tidak memperparah korban.

Jangan memindahkan kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan karena merupakan barang bukti pihak kepolisian.

 

Loading