Sukses

Cek Enam Hal Ini Supaya Mobil Tetap Prima dan Nyaman Digunakan

Sebagai kendaraan yang digunakan setiap hari, mobil tentu harus mendapatkan perawatan agar tetap prima dan nyaman digunakan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai kendaraan yang digunakan setiap hari, mobil tentu harus mendapatkan perawatan agar tetap prima dan nyaman digunakan. Tingginya aktivitas, tak jarang membuat pemilik sering kali lupa melakukan servis rutin.

Padahal perawatan berkala perlu dilakukan setiap 10.000 kilometer atau tenggang waktu 6 bulan. Tak hanya servis rutin, pengecekan beberapa komponen di rumah juga perlu dilakukan sebelum berkendara.

Melihat kebutuhan tersebut, Daihatsu membagikan tips agar mobil tetap aman dan nyaman digunakan setiap hari, berikut tipsnya:

1. Periksa rutin ketinggian radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, tambahkan dengan radiator coolant.

2. Periksa ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum yang dapat terlihat pada stik cek oli, karena kekurangan oli dapat menyebabkan kerusakan mesin.

3. Penggunaan air wiper saat menjalankan wiper sangat penting agar tidak merusak kaca. Pastikan air di tangki wiper juga dalam kondisi terisi penuh dengan melihat batas maksimal.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cek Power Steering

4. Bagi kendaraan yang menggunakan power steering bertipe hidrolik, pemilik bisa melakukan pengecekan minyak power steering dengan melihat batas minimum dan maksimum yangada pada tangki penampungan minyak power steering.

Sebelum mematikan mesin, pastikan roda depan tetap dalam keadaan lurus agar kinerja power steering tetap baik. Gunakan minyak power steering yang telah direkomendasikan.

5. Untuk kinerja pengereman yang optimal, pastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum dan gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan.

Bila mencapai batas minimum dan lampu indikator rem menyala, segera hubungi bengkel resmi terdekat.

6. Khusus pengguna aki basah, pastikan ketinggian cairan aki pada seluruh sel selalu berada antara lower level dan upper level. Isilah air aki secara berkala agar berfungsi secara optimal.

“Dari sharing tips ini, pelanggan dapat menjaga kendaraan kesayangan agar tetap dalam kondisi yang optimal. Pemilik juga dapat mempercayakan kendaraannya ke bengkel resmi, agar pengecekan bisa lebih maksimal karena ditangani oleh teknisi andal," jelas Bambang Supriyadi, Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.