Sukses

Ini Syarat yang Harus Dipenuhi MG untuk Menjadi Anggota Gaikindo

Liputan6.com, Jakarta - Morris Garage (MG) siap meriahkan pasar otomotif Tanah Air dalam waktu dekat. Brand asal Inggris yang dibeli oleh Nanjing Automobile Group itupun dikabarkan tengah mendaftarkan diri sebagai anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Hal itu diungkapkan secara langsung Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (22/1/2020).

"Saat ini masih proses. Setahu saya formulir sudah masuk," terangnya.

Untuk bisa menjadi anggota Gaikindo, kata Yohannes, ada beberapa  persyaratan yang mesti dipenuhi.

"Syaratnya mudah, yang pertama ialah sudah memiliki izin yang diperlukan perusahaan di Indonesia, terutama dari Kementerian Perindustrian kalau dia bikin industri," ujar Yohannes.

Setelah itu, perusahaan harus mengisi formulir dan menyerahkannya kepada Gaikindo. Hal terakhir yang harus diperhatikan ialah membayar iuran sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Enggak harus punya pabrik. Jadi memang syaratnya tidak sulit. Mudah saja kok kalau mau jadi anggota Gaikindo," tutur Yohhanes.

2 dari 2 halaman

2 Produsen Mobil Listrik China Bakal Investasi di RI, Ini Kata Gaikindo

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) angkat suara terkait kabar dua pabrikan mobil listrik asal China, yakni BYD dan JAC yang disebut berminat untuk merelokasi bisnis mereka ke Indonesia.

Relokasi bisnis kedua perusahaan tersebut menyusul eskalasi perang dagang antara negeri tirai bambu dengan Amerika Serikat (AS).

Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto mengatakan pihaknya sangat menyambut baik rencana masuknya dua perusahaan tersebut. Sebab memberikan makin banyak pilihan kepada konsumen.

"Kita welcome semua merek dari dunia manapun. Silakan masuk ke Indonesia dan bersaing secara sehat. Konsumen malah diuntungkan, pilihannya makin banyak. (Updatenya?) Dia tidak laporan ke Gaikindo, tapi kita welcome siapa aja," kata dia, saat ditemui, di sela-sela pameran GIIAS 2019, di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (18/7).

Dia mengakui, bagi agen pemegang merek (APM) tentu kedatangan dua perusahaan baru ini menambah jumlah pesaing. Namun, asosiasi memandang makin banyak produsen mobil yang masuk positif bagi masyarakat.

"Kalau jujur ya kalau ada merk baru kan pada garuk-garum kepala, nambah lagi (saingan). Tapi saya selaku Gaikindo ya welcome dong, dan masyarakat juga welcome karena dia makin bisa milih lebih banyak mobil sekarang," tandasnya.     

Loading
Artikel Selanjutnya
Siap Masuk Indonesia, MG Bakal Ramaikan Pasar SUV
Artikel Selanjutnya
Dua Merek Mobil Ini Ngebet Gabung Gaikindo