Sukses

Ini Bocoran Generasi Terbaru Hummer

Liputan6.com, Jakarta - General Motors (GM) kabarnya akan mengenalkan generasi terbaru Hummer lewat iklan pada event olahraga populer Super Bowl pada Februari. Rumornya wujud Hummer baru berupa versi pikap dan beralih ke tenaga listrik.

Rencana elektrifikasi ini memang telah dicanangkan GM sejak lama. Tak hanya Hummer, beberapa model lain juga ditransformasi, seperti GMC Sierra dan Cadillac Escalade.

Total ada 20 mobil elektrik dihadirkan nanti. Walau begitu, belum diketahui seperti apa timeline masing-masing model.

Hummer sendiri merupakan SUV yang diadopsi dari kendaraan militer bernama Humvee, buatan AM general of South Beng, Ind. GM kemudian mengambil alih untuk memproduksi versi sipilnya.

Model pertama yang meluncur dinamakan H1, lalu diteruskan H2 pada 2002. Ia dikenal sebagai tunggangan eksentrik orang kaya.

Berbobot 2.721 kg, Hummer juga terkenal sebagai peminum BBM yang rakus. Dilaporkan situs The Wall Street Journal, ia bisa menghabiskan bensin satu liter hanya untuk perjalanan sejauh 4,2 km.

Itu tentunya berubah ketika Hummer disetrum GM. Malah nantinya dijual di bawah merek GMC. Menurut analis Barclays, Brian Johnson, strategi ini akan membantu produksinya menjadi lebih efektif.

 

2 dari 3 halaman

Kenapa Pikap?

Pertanyaan paling menarik terletak pada wujud. Mengapa GM memilih menjadikannya pikap? Cukup masuk akal kalau melihat pasar ini semakin berkembang, terutama di Amerika Serikat.

Terlihat dari banyaknya pemain pikap listrik yang hadir. Sebut saja Rivian dengan R1T, Bollinger melalui B1, dan yang terbaru Tesla Cybertruck. Belum lagi pabrikan lama, Ford Motor Co yang tengah mengembangkan F-150 pikap elektrik.

Jika memang benar, GM harus menyiapkan strategi terbaik, sekaligus menyajikan Hummer dalam bentuk semenarik mungkin. Ditambah teknologi yang disuguhkan. Model terbaru Hummer diperkirakan dijual resmi pada awal 2022.

Sebagai pengenalan, GM menggaet LeBron James membintangi iklan Super Bowl guna mempromosikan Hummer. Wujudnya sendiri disebutkan bakal garang sesuai dengan selera para penggemar off-road. Ia pun tak ditargetkan sebagai volume maker.

Model Hummer dan truk listrik lainnya akan dibangun di pabrik perakitan Detroit-Hamtramck GM. Pabrik itu sempat mau ditutup, tapi akhirnya GM menginvestasikan $ 3 miliar untuk membangunnya kembali. Namun, belum dijelaskan apakah hanya fokus pada kendaraan listrik.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Susul Indonesia, Chevrolet Bersiap Tinggalkan Thailand