Sukses

Pastikan 4 Komponen Mobil dalam Kondisi Baik Selama Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta Memasuki musim hujan, pemilik kendaraan harus selalu memperhatikan kondisi mobil agar selalu prima. Sebagai pengguna kendaraan roda empat, pengecekan beberapa perangkat penting yang akan menunjang aktivitas berkendara harus selalu dilakukan.

Kegiatan ini wajib, karena kondisi jalan saat musim hujan akan menjadi lebih licin. Tak hanya itu, lubang jalan yang tak terlihat karena tertutup genangan air juga harus selalu diperhatikan.

Lalu bagian apa saja yang perlu diperiksa saat memasuki musim penghujan? Berikut daftarnya seperti dilansir Garda Oto:

Ban

Ban merupakan salah satu komponen paling penting untuk diperhatikan saat musim hujan. Usahakan ban selalu dalam kondisi prima. Pemilik kendaraan harus selalu melakukan pengecekan rutin, minimal satu bulan sekali.

Prioritas utama adalah mengecek tekanan angin pada masing-masing ban. Jangan sampai ban tiba-tiba kempes ketika berkendara di tengah hujan. Selain mengecek tekanan angin, kondisi ban juga perlu diperhatikan. Lihat apakah ban masih dalam kondisi layak atau tidak.

Jika karet ban sudah tipis, sebaiknya segera mengganti komponen ini. Alur ban yang baik akan membantu terhindar dari risiko melayang di atas air (aquaplaning) dan tergenlincir ketika hujan.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Kaki-Kaki

Kaki-kaki mobil terdiri dari dua bagian, yakni sistem suspensi dan sistem kemudi. Apabila sistem suspensi lemah karena karet bushing shock absorber pecah atau peredam kejut rusak, mobil akan sulit dikendalikan. Kondisi ini akan semakin buruk saat melewati jalan licin akibat hujan.

Sementara itu sistem kemudi yang bermasalah membuat pengemudi sulit mengendalikan arah mobil. Lakukan pengecekan kolong mobil serta spooring dan balancing untuk mengembalikan kebugaran ban dan kaki-kaki.

Wiper

Wiper yang optimal mampu menyapu air dan memberikan pandangan yang baik. Karet wiper yang getas memiliki potensi merusak permukaan kaca mobil dan menimbulkan baret. Lakukanlah pengecekan kondisi wiper secara rutin dan mengisi tabung air pembersih kaca.

Lampu Mobil

Musim hujan seringkali menjadi penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya. Jarak pandang yang berkurang akibat derasnya guyuran hujan bisa menjadi penyebabnya.

Saat musim hujan, lampu mobil sangat penting karena membantu pengemudi melihat kondisi jalan. Terlebih mobil yang memiliki foglamp.

Lampu rem mobil juga memiliki peranan penting. Fatal akibatnya jika lampu rem mobil mati saat hujan deras.