Sukses

Hyundai Kembangkan Peredam Kebisingan Canggih, Bagaimana Kerjanya?

Liputan6.com, Jakarta - Grup Hyundai tengah mengembangkan sistem peredam kebisingan, yang disebut Road Noise Active Noise Control (RANC) pertama di dunia. Teknologi ini, dibangun di atas sistem Active Noise Control tech (ANC).

Teknologi ANC ini secara aktif mengurangi kebisingan dengan memancarkan gelombang suara kebisingan yang masuk, dan menganalisis suara di dalam kabin untuk mengurangi kebisingan mesin dan jalan. Sistem ini, tidak hanya dengan memblokir kebisingan melalui isolasi suara.

Teknologi RANC di sisi lain mampu mengalisis berbagai jenis kebisingan secara real-time dan menghasilkan gelombang suara terbalik. Misalnya, dapat menangkal suara yang dibuat antara ban dan roda atau suara gemuruh yang berasal dari jalan.

"RANC adalah teknologi luar biasa yang membawa teknologi NVH ke tingkat berikutnya," ujar Gangdeok Lee, seorang peneliti di NVH Research Lab. "Kami akan terus mengambil posisi terdepan dalam teknologi NVH, dan memberikan tingkat ketenangan tertinggi kepada pelanggan," tambahnya.

Cara kerja RANC adalah, dengan menggunakan sensor akselerasi untuk menghitung getaran dari jalan ke mobil, sementara komputer kontrol menganalisis kebisingan jalan.

“Karena kecepatan komputasinya dan transfer sinyal dioptimalkan, hanya dibutuhkan 0,002 detik untuk menganalisis kebisingan dan menghasilkan gelombang suara terbalik, yang dihasilkan oleh DSP (Digital Signal Processor)," ujarnya.

"Mikrofon terus memantau status pembatalan kebisingan jalan dan mengirimkan informasi ke DSP. RANC mampu melakukan analisis kebisingan yang akurat dan perhitungan cepat untuk memerangi kebisingan jalan untuk kursi pengemudi, kursi penumpang dan kursi belakang secara terpisah," tegasnya.

2 dari 3 halaman

Mengurangi 3 Desibel

Menurut Hyundai, RANC dapat mengurangi kebisingan di dalam kabin sebesar 3 db, yang pada gilirannya berarti bahwa Hyundai dapat berpotensi mengurangi jumlah berat yang belum ditarik dalam mobil dengan menggunakan lebih sedikit komponen dan peredam suara.

Teknologi ini dikembangkan dengan mempertimbangkan kendaraan masa depan . Ketika model pembakaran internal dihapus, kebisingan kendaraan akan terutama berasal dari tiga sumber, yaitu powertrain, jalan, dan angin. Namun, karena kendaraan sel bahan bakar dan listrik membuat hampir tidak ada suara powertrain, jalan yang tenang, dan kebisingan angin akan menjadi sangat penting.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Penelitian Ini Menemukan Ada 36 Ribu Lebih Gaya Berkendara
Artikel Selanjutnya
KPK Periksa GM Hyundai Engineering Tersangka Suap Eks Bupati Cirebon