Sukses

Alasan Mercedes-Benz Indonesia Gratiskan Sewa Mobil Mewah untuk Acara Pelantikan Presiden

Liputan6.com, Jakarta - Sekretariat Presiden menyiapkan 18 mobil Mercedes-Benz untuk membawa tamu negara yang menghadiri pelantikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres terpilih Ma'ruf Amin pada Minggu, 20 Oktober 2019. Kendaraan mewah untuk tamu VVIP ini disewa secara cuma-cuma alias gratis.

Hal tersebut dibenarkan oleh Deputy Director Sales Operations & Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MDBI), Kariyanto Hardjosoemarto.

"Betul, informasinya demikian," jelas Harry saat dihubungi Liputan6.com melalui pesan elektronik, Sabtu (19/10/2019).

Lanjut pria ramah ini, tidak ada alasan khusus terkait gratisnya penyewaan sedan mewah untuk tamu negara tersebut. "Ini sesuai dengan permohonan yang diajukan oleh pemerintah secara resmi. Tentu dengan senang hati kami memenuhi kesempatan istimewa ini," tegasnya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 4 halaman

Conflict of Interest

Sementara itu, pihak jenama asal Jerman itu juga menampik, penyewaan gratis sedan mewah untuk para tamu negara ini ada hubungannya dengan terpilihnya Mercedes-Benz sebagai penyuplai mobil dinas baru untuk presiden dan wakil presiden terpilih.

"Justru tidak boleh. Kita ada proses yang disebut dengan conflict of interest check. Jadi kalau mendapat permohonan harus dilakukan persetujuan berjenjang dari lokal hingga HQ di Stuttgart. Sehingga kami prosesnya sangat transparan dan akuntabel. Mercedes-Benz secara global menerapkan hal ini, apalagi jika menyangkut kerjasama dengan pemerintah," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Tidak Ada Biaya Sewa

Sekretariat Presiden menyiapkan 18 mobil Mercedes Benz untuk membawa tamu negara yang menghadiri pelantikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres terpilih Ma'ruf Amin pada Minggu, 20 Oktober 2019. Kendaraan mewah untuk tamu VVIP ini disewa secara cuma-cuma alias gratis.

"Khusus penyiapan kendaraan VVIP dan cadangan VVIP, Sekretariat Presiden telah bekerja sama dengan Mercedes Benz Indonesia dan mendapatkan dukungan kendaraan tanpa dikenakan biaya sewa," ujar Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Erlin Suastini dalam keterangan resminya, Sabtu (19/10/2019).

Sebelumnya diberitakan bahwa sewa mobil untuk tamu negara menelan Rp1 miliar. "Kami siapkan 18 unit kendaraan yang memang semestinya kami siapkan belakang sini sudah ada," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Heru memastikan mobil untuk tamu negara yang menghadiri pelantikan presiden ini, merupakan kendaraan baru yang disewa langsung di PT Mercedes Benz Distribution. Total anggaran yang dikeluarkan untuk menyewa 18 mobil tersebut sekitar Rp 1 miliar.

"Dari anggaran kami, kurang lebih Rp 1 miliar," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Bocoran Harga dan Penampakan Aston Martin DBX
Artikel Selanjutnya
Deretan Mobil Mewah dan Listrik yang Harga Jualnya Terjun Bebas