Sukses

Berniat Ganti Pelek Toyota Avanza, Perhatikan Hal Ini

Saat melakukan modifikasi kendaraan, hal yang cukup mudah adalah dengan mengganti pelek

Liputan6.com, Jakarta - Saat melakukan modifikasi kendaraan, hal yang cukup mudah adalah dengan mengganti pelek. Hanya dengan mengubah versi standar dengan aftermarket atau yang sesuai dengan keinginan, maka tampilan mobil kesayangan akan berubah.

Namun saat akan mengganti pelek, tetap ada aturan mainnya. Contoh ketika pemilik Toyota Avanza ingin mengganti pelek standar, tidak boleh asal main pilih model yang disuka, tapi harus memperhitungkan beberapa aspek.

"Hitung-hitunganya itu memang sulit, karena kalau kita bicara tidak standar otomatis akan ada yang dikorbankan," ujar Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, seperti dilansir laman resmi Auto2000, Selasa (8/10/2019).

Saat mengganti pelek ini, pasti kenyamanan akan berkurang. Namun jika berbicara tampilan atau estetika pasti akan lebih menarik. Sebelum mengganti pelek baiknya pemilik Toyota Avanza memikirkan baik-baik lebih dulu soal untung ruginya. Jangan sampai ingin mengejar tampilan tapi kenyamanan dikorbankan.

Apalagi mengingat status Avanza sendiri merupakan mobil keluarga yang notabene-nya mementingkan kenyamanan bagi penumpang atau keluarga. Tapi bila ingin tetap mengganti, baiknya diperhitungkan soal dimensinya. Jangan nekat memasang pelek dengan dimensi terlalu tinggi dari standar bawaan pabrik, karena otomatis akan banyak perubahan yang terjadi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Naik Satu atau Dua Step

Misal pelek bawaan standar Avanza ukurannya 15 inci, baiknya dinaikkan satu step di atasnya menjadi 16 inci. Atau maksimal sampai 17 inci. Sedangkan yang 14 inci mentok di 16 inci.

"Jadi naik satu atau dua inci masih aman, tapi ingat jangan cuma pelek saja yang diganti, ban juga harus ikut diganti. Paling penting lagi, agar tetap nyaman dikendarai shockbreaker juga harus ikutan diganti, jadi gayanya dapat, kenyamanan juga tidak berkurang," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.