Sukses

Seberapa Puas Konsumen Membeli Mobil Baru di Tahun 2019?

Kepuasan tahun ini didorong oleh peningkatan di seluruh proses penjualan mobil, khususnya kepuasan dari konsultan sales.

Liputan6.com, Jakarta - Walaupun lebih dari sepertiga pembeli mobil menunggu pengiriman lebih lama dibandingkan tahun 2018 lalu, secara keseluruhan kepuasan penjualan meningkat di antara para pembeli kendaraan baru di tahun 2019.

Demikian hasil temuan J.D. Power 2019 Indonesia Sales Satisfaction Index (Mass Market) Study tentang kepuasan pelanggan dalam membeli kendaraan.

Dari hasil studi ditemukan, sebanyak 38% pembeli menerima kendaraan barunya lewat dari waktu yang dijanjikan, dibandingkan tahun 2018, dan hanya 28% mengatakan hal yang sama. Di tahun 2019, rata-rata waktu pengiriman dua hari lebih lama dibanding tahun 2018, dan 22% pelanggan harus kembali lagi ke dealer untuk memperbaiki masalah dokumen.

Kepuasan tahun ini didorong oleh peningkatan di seluruh proses penjualan, khususnya kepuasan dari konsultan sales. “Tahun ini, konsultan sales bekerja keras untuk mendengarkan kebutuhan pembeli dan mengarahkan kendaraan yang tepat kepada pelanggan,” kata Srabani Bandyopadhyay, Country Manager untuk Indonesia, di J.D. Power.

“Namun, pembeli masih menghadapi dengan masalah seperti urusan dokumen dan keterlambatan pengiriman kendaraan mereka. Hal ini membuat pembeli frustrasi dan masalah ini harus ditangani sebelum memberikan komitmen kepada pembeli,” tambahnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mitsubishi Tertinggi

Studi tersebut juga menyebutkan bahwa Mitsubishi berada di peringkat tertinggi dalam kepuasan penjualan secara keseluruhan dengan skor 835. Berikutnya Toyota (834) berada di peringkat kedua. Sementara Honda (828) dan Suzuki (828) berada di peringkat ketiga dengan skor sama.

 

J.D. Power 2019 Indonesia Sales Satisfaction Index (SSI) Study merupakan analisis komprehensif mengenai pengalaman dalam pembelian dan pengiriman kendaraan baru. Studi ini didasarkan pada respon dari 2.304 pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan mereka antara Juli 2018 dan Juni 2019. Studi ini dilaksanakan dari Januari hingga Agustus 2019.

 

Di tahun ke-19, penelitian berfokus pada lima faktor yang berkontribusi secara keseluruhan terhadap kepuasan pelanggan dengan pengalaman pembelian kendaraan baru. Sesuai urutannya, yakni: konsultan sales (23%), fasilitas diler (23%), proses pengiriman (19%), penyelesaian kesepakatan (19%) dan penyelesaian dokumen (16%).(nz)

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.