Sukses

Mobil Balap Listrik Hyundai Pamer Diri, Siap Berkompetisi

Hyundai memanfaatkan Frankfurt Motor Show (IAA) 2019 untuk merilis mobil balap listrik pertamanya. Mobil yang dikembangkan divisi balap Hyundai Motorsport itu disebut Veloster N ETCR

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai memanfaatkan Frankfurt Motor Show (IAA) 2019 untuk merilis mobil balap listrik pertamanya. Mobil yang dikembangkan divisi balap Hyundai Motorsport itu disebut Veloster N ETCR.

Sesuai namanya, memakai basis Hyundai Veloster N untuk diterjunkan pada seri balap kejuaraan electric touring (ETCR) tahun depan.

Wujudnya sangat mirip dengan mobil balap Veloster N TCR. Alih-alih memakai mesin 4-silinder 2,0 liter turbo, Veloster N ETCR digerakkan oleh satu motor listrik.

Menariknya lagi, meski memakai motor, Veloster N ETCR merupakan mobil dengan gerak roda belakang. Ya, Hyundai menempatkan motor listrik penggerak roda di tengah, tepatnya di belakang pengemudi. Racikan itu disesuaikan dengan regulasi dari balap ETCR.

"Kami dengan bangga mempersembahkan Hyundai Veloster N ETCR, mobil balap listrik pertama kami yang didesain khusus sesuai regulasi ETCR. Kami telah mengantisipasi saat ini cukup aman dan sangat bersemangat untuk membuka babak baru ini bagi perusahaan kami," tutur Thomas Schemera, Head of Product Division, Executive Vice President of Hyundai Motor Group dalam keterangan resmi yang dirilis.

Sayangnya, pihak manufaktur belum bisa membeberkan angka performa. Lantaran mobil baru dites akhir bulan ini.

Namun dari penampilan dan baju yang dipakai, Veloster N ETCR sudah terlihat siap melahap sirkuit dan bergabung dengan model balap lain rilisan Hyundai Motorsport.

Sebut saja i20 R5, i30 N TCR dan Veloster N TCR. Semuanya dibangun di markas pusat Hyundai Motorsport di Alzenau, Jerman.

"Balap ETCR sudah sewajarnya jadi yang kami tuju dan sejalan dengan strategi global Hyundai untuk produksi kendaraan listrik. Kami menjalakan program pengetesan untuk Veloster N ETCR, didukung oleh tim teknisi andal, terlatih dan berpengalaman di Hyundai Motorsport; kami tak sabar melihat mobil ini beraksi untuk pertama kalinya. Veloster N ETCR akan menjadi tambahan ideal dari komitmen kami terhadap WRC dan Customer Racing melalui i20 R5, i30 N TCR dan Veloster N TCR," pungkasnya lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Balap Tahun Depan

Gelaran kejuaraan balap turing mobil listrik dipastikan mulai tahun depan. Sebelumnya, diumumkan di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol akhir tahun lalu.

Saat itu, cuma mobil Seat Cupra e-Racer yang sesuai dengan regulasi. Sedang format balap, mirip dengan seri kejuaraan internasional balap turing FIA WTCR, yang juga berlangsung 2020.

Melalui Veloster N ETCR, Hyundai jadi salah satu merek pionir yang menerbitkan mobil listrik untuk balap turing. Diklaim sebagai bagian komitmen Hyundai terhadap dunia balap, khususnya FIA.

Lahirnya Veloster N ETCR juga menandai era baru yang sangat menarik bagi Hyundai Motorsport. Apalagi, mereka berniat menjadikan balap mobil listrik sebagai salah satu pilar dari divisi Hyundai Motorsport.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.