Sukses

Unik, Ford Patenkan Teknologi Layar Tancap untuk Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Ford mematenkan sistem untuk menonton film pada bak belakang F-150. Mobil pikap tersebut akan terlihat seperti layar tancap berjalan. Rupanya Ford tak berhenti berinovasi pada F-150 saja. Mobil SUV dan crossover Ford juga bakal mendapatkan fitur yang sama. Benarkah?

Dilansir The Drive, Ford baru-baru ini mematenkan ide yang sama tentang proyektor, pada crossover dan SUV. Proyektor itu ditempatkan pada bagian bawah sisi dalam pintu bagasi.

Ketika pintu bagasi dibuka, proyektor tersebut bisa menyorotkan sinar dan lalu bisa dipakai untuk nonton film ataupun hal lainnya.

"Kami mematenkan penemuan baru sebagai kegiatan bisnis normal, tetapi bukan selalu menjadi indikasi rencana produk," kata seorang juru bicara Ford, kepada The Drive saat dikonfirmasi apakah akan disematkan untuk versi produksi atau tidak.

Jika suatu saat nanti ide ini direalisasikan pada unit produksi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan Ford. Seperti melindungi bagian dalam, tempat proyektor disematkan.

Proyektor yang dipakai pun harus berkualitas tinggi, sebab panel bodi akan terus menerus dibuka dan ditutup. Diharapkan juga, fitur ini kompatibel dengan handphone, laptop, atau bahkan konsol game atau semacamnya.

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

Ford GT MK2 Bukan Mobil Sembarangan, Harganya Rp28 Miliar

Ford bukan saja memproduksi mobil penumpang belaka. Produsen asal Amerika Serikat ini juga membuat mobil yang hanya bisa dipakai di trek balap, seperti Ford GT MK2.

Pada Goodwood Festival of Speed menjadi momen yang digunakan Ford untuk memamerkan GT MK2. Yup, inilah Ford GT MK2 yang punya performa tinggi dan memang hanya boleh dikendarai di atas trek balap.

Eksteriornya banyak berubah. Ford menyematkan berbagai perangkat baru untuk meningkatkan aerodinamika, antara lain: rear wing, diffuser, splitter, diffuser, fender, dive plane dan spoiler berukuran besar. Pada area atap terdapat punuk besar yang merupakan saluran angin. Ia berfungsi menyedoot udara untuk mendinginkan mesin, transmisi dan kopling. Dilansir dari caradvice.com.au (05/07), Ford GT Mk2 mampu menciptakan gaya tekan ke bawah (downforce) 400 kali dari GT untuk jalan raya.

 

 
 

 

Sektor pengereman ditunjang Brembo keramik karbon berukuran 394 mm di depan dan 358 mm di belakang. Kaki-kakinya memakai pelek aluminium tempa 19 inci yang dibalut ban Michelin Pilot Sport GT. Ban ini sanggup menerima tekanan gravitasi lateral hingga 2G. Guna memastikan handling berkendaranya andal, Ford memangkas bobotnya sebanyak 90 kg. Pabrikan otomotif ini melepaskan perangkat pengatur ketinggian suspensi dan sistem drive mode.

Kabinnya sudah pasti memiliki roll cage yang melindungi pengemudi di sirkuit saat mengalami insiden. Jok bucket Sparco dengan sabuk keselamatan 6 titik diaplikasikan. Ini semakin memastikan keselamatannya. Kabinnya dipenuhi dengan material karbon yang terkenal punya durabilitas mumpuni. Informasi terkait kendaraan disediakan oleh sistem MoTec, yang bisa digunakan untuk memperlihatkan tampilan kamera belakang. Menariknya, Ford memberikan opsi bagi konsumen yang ingin menambahkan kursi penumpang.

Mengusung jantung 3,5 liter twin-turbo V6, GT MK2 dapat memproduksi tenaga puncak mencapai 709 PS. Daya dorong disalurkan ke roda lewat sistem transmisi dual-clutch 7-speed.Pemindah gigi ini sama seperti Ford GT standar, tapi di­setel lagi agar sesuai peruntukannya. Untuk menjaga kinerja mesin agar terus optimal, Ford bahkan mengaplikasikan sistem pendingin inovatif yang melibatkan semprotan air. Ia hanya aktif saat mesin mengalami peningkatan suhu tinggi.

Basis Ford GT MK2 pada dasarnya berasal dari GT yang diproduksi di pabrik Ford di Markham, Ontario, Amerika Serikat. Unit itu kemudian dibawa ke fasilitas Ford Performance and Multimatic untuk ditransformasi. Tertarik untuk membelinya? Mobil ini sudah bisa dipesan melalui situs resminya dengan banderol mulai dari $ 1,2 juta atau Rp28,276 miliar. Sayangnya, unit hanya dibuat terbatas oleh Ford, hanya 45 unit untuk konsumen di seluruh dunia.

Sumber: Oto.com

 
 
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Zoomer Terdaftar di Samsat DKI Jakarta, Ini Tanggapan Honda
Artikel Selanjutnya
Renault Siapkan Mobil Listrik Murah, Harga Rp150 Jutaan