Sukses

Deretan Mobil Listrik Buatan Cina yang Populer di Negaranya

Pemerintah China merupakan salah satu negara yang mendukung perkembangan mobil hybrid dan juga listrik. Sebagai ilustrasi, negara Tirai Bambu tersebut secara nasional memberi subsidi atau insentif untuk kendaraan ramah lingkungan.

Liputan6.com, Beijing - Pemerintah Cina merupakan salah satu negara yang mendukung perkembangan mobil hybrid dan juga listrik. Sebagai ilustrasi, negara Tirai Bambu tersebut secara nasional memberi subsidi atau insentif 3.000 yuan untuk kendaraan hybrid biasa, 50 ribu yuan untuk hybrid plug-in (yang dilengkapi dengan charger ke colokan listrik) dan 60 ribu yuan untuk mobil listrik murni.

Senada dengan Cina, Pemerintah Guangzhou memberi subsidi para pembeli mobil hybrid baru dengan potongan harga 10.000 yuan atau sekitar Rp. 15juta.

Karena itu, wajar bila saat ini beberapa pabrikan asalnya mulai melakukan produksi dan menjual mobil listrik dengan harga terjangkau di Cina.

Sedikitnya terdapat dua mobil listrik karya pabrikan otomotif Cina yang saat ini mulai dijual. Beberapa diantaranya bahkan pernah datang ke Indonesia, meski belum dijual.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikut Daftar Mobil Listrik Asal Cina

Baojun

Pada gelaran GIIAS 2018 awal Agustus lalu, Wuling Motors Indonesia secara resmi memperkenalkan mobil listrik Baojun E100. Belum dijual di Tanah Air, induknya di Cina bahkan telah mengeluarkan adiknya yang tampak lebih modern dan futuristik, Baojun E200.

Nissan Sylphy

Diproduksi di Cina oleh perusahaan joint venture Nissan dengan mitranya Dongfeng Motor Group. Nissan Sylphy merupakan model listrik Nissan pertama yang dibuat di Cina khusus untuk konsumen Cina. Mobil diproduksi di pabrik Dongfeng Nissan, tepatnya di pabrik Huadu.

Senia R7 EV400 SUV

Memiliki bobot 150 kilogram, mobil disegmen SUV ini diklaim mampu mecapai kecepatan 140 kilometer per jam. Dengan motor listrik yang dibenamkan, mobil ramah lingkungan ini mampu menyemburkan tenaga hingga 107 Tk.

Besturn B30 EV

Hadir pertama kali dalam ajang otomotif Beijing Auto Show, Besturn B30 EV diharapkan mampu menjadi salah satu mobil listrik andalan di China. Mendapat perubahan baterai pada tahun 2017, mobil ini mampu menempuh jarak lebih panjang, dari 180km ke 205km.

Junpai D80E EV SUV

Hadir untuk memeriahkan segmen SUV, mobil ini diklaim mampu mecapai kecepatan 160 kilometer per jam. Dengan motor listrik yang dibenamkan, mobil ramah lingkungan ini mampu menyemburkan tenaga hingga 188 Tk.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.