Sukses

Penjualan Sepeda Motor Sepanjang 2018 Naik, Honda Mendominasi

Penjualan sepeda motor sepanjang 2018 mengalami peningkatan cukup besar dibandingkan tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan sepeda motor sepanjang 2018 mengalami peningkatan cukup besar dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu tidak terlepas dari meningkatnya daya beli masyarakat dibandingkan 2017 lalu.

Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI) yang diterima Liputan6.com, penjualan sepeda motor selama 12 bulan 2018 secara nasional, tercatat sebanyak 6.383.111 unit. Jumlah tersebut, naik cukup tinggi , dibanding penjualan motor di 2017 yang hanya mampu mencatatkan angka 5.886.103 unit.

Untuk distribusi seluruh pabrikan sepeda motor, Honda tetap menjadi raja, dengan kontribusi hingga 74,6 persen, disusul Yamaha 22,8 persen, Suzuki 1,4 persen, Kawasaki 1,2 persen dan TVS 0 persen.

Jika dibandingkan dengan sesuai tipe sepeda motor, skuter matik (skutik) masih yang paling laris dengan sumbangan pasar hingga 84,6 persen, sport 7,5 persen, dan underbone atau bebek 7,9 persen.

Sebagai informasi, tahun 2017 Indonesia berhasil menjadi pasar terbesar untuk kendaraan roda dua mengalahkan Vietnam dan Thailand.

Memiliki lebih dari 260 juta penduduk, pasar motor di Indonesia mencapai 5.886.103 unit. Sedangkan Vietnam hanya mampu menorehkan angka 3.272.373 unit dan Thailand 1.810.771 unit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berburu Motor Lewat Situs Jual Beli Online, Intip Daftar Terlarisnya

Setiap tahun terdapat lebih dari 10 model sepeda motor baru meluncur di Tanah Air. Hal itu dimanfaatkan beberapa konsumen untuk mengganti tunggangan mereka. 

Otomatis imbas dari pergantian motor terjadi pada banyaknya stok motor bekas pakai.

Sama seperti model baru, penjualan motor bekas juga didominasi merek dan model tertentu. Menurut Agung Iskandar, Marketing &CTx Director OLX Indonesia, Honda merupakan merek sepeda motor yang banyak dicari konsumen secara online. 

 

 
 

 

"Motor paling banyak dicari masih di segmen matik. Nomor satu itu masih Honda diikuti Yamaha lalu Suzuki, Kawasaki menyusul," kata Agung.

Saat disinggung model, Agung menegaskan Vario dan Beat masih menjadi primadona penjualan motor bekas di situs jual beli online OLX hingga saat ini.

"Vario dan Beat itu masih dua yang di atas. Kalau NMax fenomenanya beda. Kelasnya juga beda. Jadi jumlahnya juga beda. Tapi memang NMax termasuk yang paling banyak peminatnya," ujar Agung.

Khusus model sport, Agung menegaskan Kawasaki Ninja masih menjadi idola. "Memang kalau motor bekas di kelas 250 kan pertama kali itu Ninja, keduanya kalau enggak salah R25. Lalu untuk motor besar Harley Davidson," ujarnya.

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.