Sukses

Ini 5 Fitur yang Seharusnya Dimiliki Toyota Avanza 2019

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran model baru Toyota Avanza yang bakal meluncur dalam waktu dekat ini sudah banyak beredar di dunia maya. Namun, dari yang sudah banyak dilihat pecinta otomotif Tanah Air, hanya sebatas desain eksterior dan sedikit informasi interior.

Dilihat dari yang sudah beredar, Toyota Avanza sepertinya hanya mendapatkan ubahan kecil. Padahal, PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah lama tidak melakukan pembaharuan total untuk salah satu model terlarisnya ini.

Meskipun eksterior atau interior tidak mendapatkan ubahan besar, setidaknya jenama asal Jepang ini harus memberikan fitur yang cukup signifikan.

Bila diluncurkan, Toyota harus meramu Avanza baru ini sebaik-baiknya. Pasalnya, saat ini pemain di segmen MPV semakin banyak menawarkan beragam keunggulan.

Nah, kali ini seperti dilansir Oto.com mencoba mengulik fitur apa saja yang seharusnya dibenamkan ke Avanza terbaru.

1. Enam Airbag

Berkaca pada Rush terbaru yang sudah dilengkapi 6 airbag. SUV ini mampu menjaga harganya tetap stabil.

Harusnya Avanza bisa mengikuti jejak Rush, memperkuat sektor keselamatan, pengemudi dan penumpang di seluruh baris terlindungi. Avanza pun memiliki poin lebih yang mampu menggoda konsumen untuk membelinya.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Stability control dan Brake Assist

Avanza, dikenal sebagai mobil yang memiliki manuver lincah. Tetapi mobil sejuta umat ini tak didukung stability control. Padahal, fitur ini sangat membantu dalam menjaga keselamatan berkendara.

Mobil dapat terhindar dari bahaya slip karena tenaga terdistribusi secara dinamis ke roda mengikuti kebutuhan traksi.

Fitur pendukung keselamatan lainnya, brake assist (BA). Adanya BA membantu rem ABS untuk bekerja lebih optimal menghindari insiden.

Fitur ini berfungsi membantu pengereman, bahkan secara otomatis mampu mengaplikasikan rem saat terdeteksi adanya pelepasan pedal gas tiba-tiba, yang menandakan adanya bahaya terjadi.

3. Lampu LED dan DRL

Penguatan sektor penerangan tak hanya menguntungkan dari sisi fungsional. Penggunaan LED juga dapat meningkatkan tampilan Avanza. Baik lampu depan dan belakang bisa dimanipulasi desainnya tanpa batas.

Daytime running light (DRL) juga perlu menjadi pertimbangan Toyota. Ini merupakan fitur pasif yang berkontribusi menjaga keselamatan, baik pengemudi itu sendiri maupun pengguna jalan di sekitar.

Sebenarnya, Avanza pernah mendapatkan imbuhan DRL, namun waktu itu Toyota menghadirkannya sebagai edisi terbatas.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Smart Key

Teknologi tanpa anak kunci untuk mengakses mobil (Smart Key), sudah banyak digunakan pabrikan mobil di Indonesia. Toyota sendiri juga punya model yang mengusung fitur ini, contohnya Rush.

Kehadiran keyless di Avanza terbaru tentunya menarik. Fitur ini biasanya disandingkan dengan teknologi start stop engine. Pengemudi jadi lebih mudah menyalakan dan mematikan mesin dengan sentuhan satu jari.

5. Cruise Control

Fitur ini bisa menjadi pertimbangan bagi Toyota sebagai bekal Avanza. Cruise control bukan lagi barang mewah. Tengok saja Mitsubishi Xpander Ultimate yang Oktober lalu sudah dilengkapi peranti itu.

Penggunaannya membantu pengemudi berkendara di jalan bebas hambatan. Apalagi jika perjalanannya cukup jauh, rasa lelah pada kaki pengemudi bisa diminimalisir karena mobil berakselerasi secara otomatis mengikuti batas kecepatan yang ditentukan.

 

Pemprov DKI Bersihkan Lokasi Kebakaran Tomang

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Toyota Avanza Model Lama Cuci Gudang, Diskonnya hingga Rp 30 Juta
Artikel Selanjutnya
Daftar Harga Toyota Avanza per Januari 2019