Sukses

Bukti Nyata AHM Tahu Banget Keinginan Anak Motor Jaman Sekarang

Liputan6.com, Jakarta Bagi mereka yang punya passion di dunia otomotif, memacu motor dengan kecepatan tinggi seperti balapan MotoGP tentu menjadi suatu hal yang didambakan. Namun, untuk mewujudkannya tak semudah membalikkan telapak tangan, butuh modal besar. Pertama memilik motor yang bertenaga tinggi seperti di MotoGP dan kedua adalah lintasan atau sirkuit yang memang aman untuk memacu kendaraan.

Dahulu, kedua hal itu sulit untuk diwujudkan namun tidak dengan masa-masa modern seperti ini. Melalui event RC213V-S MotoGP Street Experience, PT Astra Honda Motor (AHM) mengajak konsumen Tanah Air merasakan sensasi mengendarai Motor supersport Honda RC213V-S merupakan motor versi jalan raya dari Honda RC213V yang ditunggangi pembalap Repsol Honda di ajang MotoGP.

Puncak event RC213V-S MotoGP Street Experience sendiri telah berlangsung pada Senin (10/12) di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor. Sebanyak 10 konsumen mengendarai Honda RC213V-S selama 3 lap dan satu aspal dengan pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) yang sudah mendunia seperti Dimas Ekky Pratama, Andi Farid Izdihar, dan Gerry Salim.

Sebelum tiba di Sirkuit Sentul, 10 konsumen terpilih AHM telah melalui serangkaian proses yang panjang. Diawali dengan seleksi online melalui website www.motogp-streetexperience.com, mereka terlebih dahulu harus mengunggah foto serta menceritakan momen terbaik ketika bersama Honda CBR series kesayangan lengkap dengan safety gear.

Dari 1.089  peserta, AHM memilih 20 kandidat terbaik untuk selanjutnya mereka menjalani pelatihan dan seleksi safety riding dengan menggunakan Honda CB150RR, CBR250RR dan Honda CB500F di Safety Riding Center Wahana Jatake (8/12).

Untuk benar-benar bisa menunggangi Honda RC213V-S, 10 peserta masih harus melalui tahap seleksi akhir. Penilaian berdasarkan kemampuan berkendara di sirkuit dengan menggunakan Honda CBR650F dan CBR1000RR yang langsung dievaluasi oleh para pebalap AHRT. Sebelum turun aspal, kesepuluh peserta mendapatkan Coaching Clinic, informasi keselamatan berkendara dan pengenalan produk yang dilakukan oleh Dimas Ekky Pratama dan Reza Danica Ahrens.

Euforia kebahagian pun segera berpindah ke lintasan, sebabnya tentu saja para peserta terbaik ini menunggangi Honda RC213V-S di Sirkuit Sentul sebanyak 3 putaran. Mereka mendapatkan kehormatan memacu motor yang mengusung mesin DNA balap V-4, 4-stroke, DOHC, 4-Valve, 6-speed dengan kapasitas mesin 999cc serta transmisi 6-speed dengan tenaga maksimal 117 kW/11.000 rpm serta torsi sebesar 102 Nm/10.500 rpm.

Konsumen Sadari Rahasia Gelar Juara Marquez

Seorang peserta yang mendapatkan nilai tertinggi, yakni Ezra Fiesta Kinanta mendeskripsikannya lebih jauh mengenai sensasi berkendara Honda RC213V-s. Pemuda 19 tahun yang memiliki koleksi motor CBR150R dan CBR250R ini memaparkan pengalamannya dengan penuh antusias dan bahagia.

Kehebatan mesin Honda RC213V-S juga tak luput dari penilaian Ezra yang memang sangat dekat hobi dengan dunia otomotif.

"V-engine bergerak ke belakang, counter clockwise, sehingga pada saat masuk tikungan tidak ada inersia. Jadi, tidak ada efek diving atau bergoyang saat di tikungan. Pusat gravitasinya benar-benar di tengah. Itulah keunggulan mesin tipe V dibandingkan konfigurasi lain," kata Ezra.

Tak berhenti di situ, Ezra juga menggambarkan poin lain yang mendukung konsep "Total Kontrol" pada Honda RC213V-S, termasuk dalam hal suspensi dan juga sistem perpindahan gigi.

"Suspensinya menggunakan swing arm yang besar, suspensi Ohlins, sudah menggunakan teknologi FDR, jadi benar-benar stabil saat di tikungan. Belum lagi teknologi kopling ganda yang memungkinkan pengendara memindahkan gigi tanpa harus menggunakan kopling. Jadi seperti video game. Ridernya tinggal berkonsentrasi pada balapan," ujarnya.

Keistimewaan MotoGP Street Experience RC213V-S juga mendapatkan apresiasi dari Influencer, Dedi Mahendra Desta. Pria yang akrab disapa Desta ini mengatakan event yang digelar Astra Honda Motor ini sangat dan pasti banyak anak motor yang ingin merasakan sensasi mengendarai motor sport Marc Marquez.

"Ya ampun, rasanya ringan banget. Karena ini bodinya karbon ya jadi ringan banget. Gue nyobain berasa kayak mau terbang. Terima kasih Astra Honda, sesuatu yang membanggakan juga buat gue. Desta bisa nyobain motornya Marquez," kata Desta dengan bahagia.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cedera Belum Pulih, Marc Marquez Latihan dengan Gokart
Artikel Selanjutnya
Marc Marquez Minta Adiknya Lupakan Persaudaraan Saat di Lintasan