Sukses

Microwave Bisa Bikin Mesin Lebih Irit, Begini Cara Kerjanya

Kelebihan utama dari penggunaan gelombang microwave tersebut adalah rancang bangun mesin yang sekarang bisa mengadopsi teknologi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Regulasi emisi yang baru memaksa pabrikan otomotif untuk mengembangkan mobil ramah lingkungan seperti mobil listrik. Namun, tak semua pemain di industri otomotif berpikir demikian. MWI Micro Wave Ignition AG, sebuah startup asal Jerman dimana shareholder-nya adalah Wendelin Wiedeking (ex-CEO Porsche) memiliki konsep untuk memperpanjang umur mesin konvensional.

Dilansir Carscoops, startup asal Jerman tersebut bisa memanfaatkan gelombang microwave untuk membakar bahan bakar di dalam mesin. Sehingga tidak lagi dibutuhkan busi atau glow plugs.

Konsumsi bahan bakar diklaim lebih hemat 30 persen dan emisi berkurang 80 persen. Hasil tersebut bisa dicapai berkat bahan bakar yang terbakar di temperatur lebih rendah.

Saat ini MWI Micro Wave Ignition AG sedang mencari calon pembali dan juga partner yang dibutuhkan untuk mempromosikan teknologi.

Dengan membuat mesin konvensional lebih efisien, mobil tradisional dapat berumur lebih panjang sebelum digantikan keberadaannya oleh mobil listrik. Terutama bagi pabrikan otomotif yang masih mengembangkan mesin konvensional.

Kelebihan utama dari penggunaan gelombang microwave tersebut adalah rancang bangun mesin yang sekarang bisa mengadopsi teknologi tersebut. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Hal Sepele yang Membuat Mobil Anda Lebih Irit

Seperti anjuran pabrikan otomotif, merawat mobil memang sangat perlu dilakukan. Sebab, selain membuat tunggangan Anda berumur panjang, hal itu membuat mobil lebih hemat bahan bakar atau irit.

Jika bicara soal menghemat bahan bakar, ternyata banyak pemilik mobil tak menyadari adanya bagian-bagain jeroan mobil yang berperang penting untuk menghemat bahan bakar.

 

 
 

 

Nah, berikut ini situs Toyota menerangkan beberapa hal yang dapat membuat hemat bahan bakar namun kerap dilupakan, antara lain:

1. Gunakan oli yang tepat

Ada baiknya  jika mengganti oli mobil, maka hal yang harus diperhatikan adalah pastikan oli telah direkomendasikan pabrikan seperti yang tertera pada buku manual.

Sementara menurut situs resmi informasi pemerintah USA FuelEconomy.gov, jika mobil Anda seharusnya menggunakan oli 10W-30, namun menggunakan oli 5W-30, maka hal akan mengurangi jarak tempuh 1-2 persen sehingga mobil menjadi tidak irit. Maka dari itu, penggunaan jenis oli juga sangat penting.

Baca selengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.