Sukses

Yuk, Cari Tahu Penyebab Temperatur Mobil Naik Secara Tiba-Tiba

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik mobil, sering kali mendapati temperatur mobil yang naik secara tiba-tiba. Sebelumnya, perlu diketahui dahulu, temperatur mobil merupakan keadaan suhu mesin pada mobil dengan melihat indikator suhu.

Lalu, apa sih penyebab naiknya temperatur mobil kesayangan?

1) Kondisi Radiator

Kondisi radiator yang tidak baik bisa mengakibatkan temperatur mobil menjadi panas. Kondisi radiator yang tidak baik, misalnya, keadaan bocor atau tersumbat. Selang yang terhubung dengan radiator, apabila bocor, macet, dan berkerak juga bisa mengakibatkan naiknya temperatur mobil.

Nah, kondisi radiator juga dipengaruhi oleh air radiator yang Anda gunakan. Banyak orang yang mengganti cairan radiator dengan air sumur, air tanah, dan air mineral biasa. Ketiga cairan tersebut mengandung logam dan mineral yang memicu penyumbatan sehingga mesin berpotensi untuk cepat panas.

Selain itu, naiknya temperatur juga dipicu oleh kipas radiator yang tidak bekerja dengan baik. Kipas radiator yang macet, melemah, switch yang rusak

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2) Kualitas Oli

Ternyata, kualitas oli juga dapat memengaruhi temperatur mobil. Oli yang bermutu rendah tidak akan tahan terhadap panas mesin mobil sehingga oli akan menguap.

Kemudian, menguapnya oli mengakibatkan mobil kehilangan intensitas pelumas dan komponen yang bergesekan akan menimbulkan panas yang berlebihan.

Tidak hanya itu, bukan hanya kualitas oli saja yang perlu diperhatikan. Kebocoran pada wadah dan selang oli juga bisa mengakibatkan mengurangnya oli secara drastis.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

3) V-Belt atau Tali Kipas

V-belt atau tali kipas pada mobil pun mempunyai peran penting untuk menjaga keadaan temperatur mobil. Jika tali kipas tidak bekerja dengan maksimal, panas mobil akan susah direduksi.

Lalu, apa akibat dari naiknya temperatur mobil? Beberapa komponen mobil, seperti kop silinder bisa bengkok, piston berpotensi macet, serta bantalan mesin dan silinder mesin dapat jadi cacat. Selain itu, freon AC juga bisa-bisa terkuras habis karena suhu mobil yang terlampau panas.

Untuk mengatasi radiator yang bocor atau berkaratnya selang, Anda tentunya harus mengganti komponen-komponen yang terdapat dalam radiator. Bahkan kalau perlu, harus mengganti radiator secara keseluruhan.

Kemudian, gunakanlah air radiator yang tepat seperti air sulingan AC atau air kemasan. Bahkan, kamu bisa menggunakan cairan radiator coolant . Setelah itu, jangan lupa untuk mengganti air radiator secara berkala.

Langkah berikutnya adalah dengan memilih oli yang berkualitas bagus. Kamu dianjurkan untuk membeli oli di tempat resmi dan terpercaya. Kalau selang oli bocor, maka Anda perlu membawanya ke bengkel terdekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.