Sukses

10 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Sisaan di Akhir Tahun

Sejumlah dealer juga kerap sengaja memberikan harga miring pada akhir tahun untuk setiap model mobil terakhir bahkan model display.

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit beranggapan membeli mobil di akhir tahun merupakan waktu yang sangat tepat. Hal ini karena dealer kerap memberikan berbagai program mulai dari potongan harga atau diskon, hingga cara mudah pembayarannya.

Selain itu, sejumlah dealer juga kerap sengaja memberikan harga miring pada akhir tahun untuk setiap model mobil terakhir bahkan model display.

Hal ini dilakukan agar stock persediaan ikut ludes dan target penjualan yang ditetapkan perusahaan tercapai.

Namun sebelum memilih mobil sisaan di akhir tahun, situs autobytel.com memberikan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, yakni:

1. Cari tahu rencana model mobil di tahun depan

Seperti pada umumnya, pabrikan mobil setiap tahun menghadirkan model baru. Jadi ada baiknya untuk mengetahui model yang akan datang apakah mengalami rombakan yang sangat berbeda atau tidak.

Namun jika memang hanya ubahan ringan dan Anda tidak merasa bermasalah, maka proses pembelian perlu dilanjutkan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Evaluasi Harga Jual

Mobil baru sering kali memiliki peningkatan yang signifikan mulai dari sistem hiburan, konektivitas, hingga fitur keamanan. Karena itu perhatikan lagi harga jual kembali.

Pikirkan baik-baik bahwa teknologi terbaru lebih berharga dibandingkan harus mengeluarkan biaya tambahan. Karena itu, pertimbangkan kembali apakah Anda akan suka dengan hal baru atau tidak.

3. Buat fleksibel

Jika ingin membeli mobil sisaan maka Anda harus fleksibel, sebab, dipastikan dealer hanya memiliki beberapa opsi, seperti warna terbatas atau tak adanya jenis transmisi matik.

4. Lakukan survei terlebih dahulu

Jika Anda ingin mencari mobil ada baiknya melakukan survei terlebih dahulu. Jika ingin lebih jelas tanyakan langsung ke dealer agar sesuai harapan. Untuk mempersingkat waktu, bisa lakukan dengan cara menelepon.

 

3 dari 4 halaman

5. Jika Menemukan Mobil yang Disuka Jangan Ragu

Jika Anda menemukan kendaraan yang diinginkan, maka langsung bergerak cepat. Dealer sering menawarkan insentif kepada wiraniaga untuk mengganti stok yang lebih lama.

Karena itu, buatlah kesepakatan sehingga lebih menguntungkan Anda. 

6. Mobil direncanakan untuk dijual kembali

Jika ingin membeli mobil sisaan maka kerugiannya, di atas kertas usia mobil sudah berumur, dan tentunya harganya akan mengalami depresiasi senilai satu tahun. 

Apabila Anda ingin berencana menjualnya kembali tentu saja harganya akan lebih rendah. Maka pertimbangkanlah sebelum membelinya.

7. Pastikan mobil yang akan dibeli benar-benar baru

Mobil baru adalah mobil yang berlum pernah didaftarkan sama sekali. Jika mobil yang Anda beli merupakan unit pinjaman atau tes drive dengan odometer berubah banyak, maka status mobil tersebut bukan lagi baru, melainkan bekas.

8. Lakukan penawaran

Berbagai alasan dealer memutuskan memberikan diskon, hal ini bukan hanya karena mobil sulit dijual, tetapi masih banyak alasan lainnya. Bahkan setiap mobil yang disimpan terlalu lama di gudang, itu bisa saja menghabiskan uang dealer, karena dihabiskan sebagai pemeliharaan.

Karena itu lakukan tawaran tertinggi, dengan begitu Anda bisa membantu dealer untuk mencapai target penjualan.

 

4 dari 4 halaman

9. Lihat Harga keseluruhan, Jangan Hanya Biaya Bulanan

Beberapa dealer memberikan iming-iming pembayaran bulanan daripada total harga. Karena itu pastikan negosiasi Anda mengetahui berapa harga total dan termasuk cicilan per bulannya agar mendapatkan tawaran yang bagus.

10. Lakukan berbagai pertimbangan dengan mobil lain 

Jika Anda baik-baik saja dengan mobil sisaan berusia satu tahun, maka ada baiknya mempertimbangkan mobil bekas yang berumur dua tahun.

Sebab dengan usia mobil baru tetapi diproduksi satu tahun, maka hal itu tentu akan membuat penurunan harga jual yang juga lebih besar. Jika membeli mobil bekas tentu harganya bisa lebih miring. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.