Sukses

Sama-Sama Mengusung ABS, Pilih Honda CBR150R atau Suzuki GSX-R150?

Liputan6.com, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2Wheel merilis Suzuki GSX-R150 yang dilengkapi sistem pengereman ABS (anti-lock brake system) di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018. Sebelumnya, PT Astra Honda Motor AHM, meluncurkan Honda CBR150R yang juga menggunakan ABS.

Dengan penggunaan fitur keselamatan tersebut, keduanya kini berada di kelas yang sama, sportbike 150 cc ber-ABS. Lantas, manakah yang lebih unggul di antara keduanya?

Mengenai desain, kami kembalikan ke selera Anda. Namun, secara garis besar, tampilan keduanya cukup berbeda. Honda CBR150R facelift didominasi garis-garis tajam dan meruncing, sedangkan Suzuki GSX-R150 memiliki lekukan body yang halus.

Walaupun sama-sama telah menerapkan teknologi lampu utama LED, Honda CBR150R facelift memiliki sepasang headlight, sedangkan Suzuki GSX-R150 dibekali single headlight. Selain itu, keduanya dibekali dengan speedometer full digital.

Walau sama-sama telah dibekali ABS, Honda CBR150R bisa dibilang sedikit lebih unggul. Pasalnya, sportbike pabrikan berlogo sayap ini memiliki teknologi fitur lainnya, yaitu ESS (Emergency Stop Signal).

Fungsi fitur baru ini adalah untuk meminimalisir risiko kecelakaan saat pengguna CBR150R melakukan pengereman mendadak. Saat hal itu terjadi, sistem ABS akan aktif dan menghantarkan sinyal kepada ESS sehingga lampu hazard akan menyala secara otomatis.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Meski demikian, Suzuki GSX-R150 unggul dalam segi performa. Mesin 1-silinder DOHC 147.3 cc water-cooled pada motor ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 19 Tk dengan torsi maksimum mencapai 14 Nm.

Sementara itu, Honda CBR150R mengandalkan mesin 1-silinder 150cc DOHC 6-percepatan liquid-cooled. Konfigurasi tersebut diklaim sanggup menyumbangkan tenaga 16,8 Tk dengan torsi maksimum 14,4 Nm.

Tak lupa, keunggulan lain Suzuki GSX-R150 ABS adalah memiliki varian keyless atau tidak menggunakan anak kunci. Fitur ini dinilai mampu meningkatkan keamanan motor saat berada di tempat parkir.

Jika harga murah disebut sebagai keunggulan, maka Suzuki GSX-R150 bisa dibilang menang telak. Berdasarkan situs resmi Suzuki Indonesia, varian ABS motor ini dibanderol Rp33,15 juta. Sedangkan tipe keyless dan shuttered-key masing-masing dijual dengan harga Rp30,15 juta dan Rp29,150 juta(OTR Jabodetabek).

Sementara itu, berdasarkan situs resmi PT AHM, Honda CBR150R standar dibanderol Rp33,03 juta untuk tipe non-ABS dan Rp37,8 juta untuk tipe ABS. Pilihan warna Honda Racing Red dipasarkan dengan harga Rp34,5 juta untuk varian non-ABS dan Rp38,5 juta untuk tipe ABS. Sedangkan harga jual model livery tim Repsol Honda dipatok di angka Rp34,7 juta untuk versi standar dan Rp38,7 juta pada varian ABS (OTR Jakarta).

Sumber: Otosia.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.