Sukses

Lamborghini Urus ST-X, SUV Penakluk Lintasan Balap

ST-X Concept, mobil SUV pertama dalam sejarah panjang Lamborghini, siap beraksi di lintasan balap.

Liputan6.com, Sant'Agata Bolognese - Urus ST-X Concept diperkenalkan di ajang Lamborghini World Finals Super Trofeo 2018. Ini menandakan mobil SUV pertama dalam sejarah panjang Lamborghini, siap beraksi di lintasan balap. Meski masih menyandang nama konsep, Urus ST-X disiapkan untuk balap tahun depan.

Sebagai mobil khusus untuk lintasan balap, Urus ST-X didandani oleh Squadra Corse dengan elemen yang sesuai standar balap FIA. Kebanyakan dari aksesori pendukung, aerodinamika, dan keselamatan balap.

Urus ST-X dengan balutan warna hijau matte, dibekali kap mesin berbahan serat karbon yang super-ringan. Bagian depan juga terlihat berbeda dari Urus biasa. Ada intake udara lebih besar agar mesin tidak kepanasan.

Buritan ada sayap belakang berukuran compact, desain bumper belakang hasil revisi dan knalpot racing dengan desain heksagonal pada corongnya. Itu masih ditambah pelek aluminium alloy 21 inci yang dibalut ban performa tinggi dari Pirelli. Perpaduan hasil dandan di semua sektor, Urus ST-X lebih ringan bobotnya ketimbang Urus biasa. Nilainya sampai 25 persen lebih ringan.

Soal mesin, meski intake udara diperbesar, jantung mekanis Urus masih sama outputnya. Mesin V8 dengan tenaga maksimal 641 Tk dan torsi puncak 850 Nm. Sementara sistem keselamatan, dikatakan sudah sesuai dengan standar dari FIA. Ada roll cage baja terintegrasi, sistem penahan api dan tangki bahan bakar FT3. Roll cage itu juga berfungsi untuk meningkatkan kadar kekakuan torsional pada Urus ST-X.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

SUV super Lamborghini Urus ST-X, bakal memulai debutnya di lintasan balap pada Lamborghini World Finals tahun depan. Sedang penampilannya di seri balap khusus SUV, bakal terjadi di Eropa dan Timur Tengah pada 2020. Pihak Lamborghini sendiri terlihat serius dengan balapan khusus SUV itu. Nantinya, lomba bakal dipadukan antara lintasan balap dan medan offroad dalam satu sesi balap sekaligus. Untuk itu, FIA juga tengah memberi lampu hijau untuk sirkuit yang bakal digunakan.

Selain itu, pada balapan khusus untuk SUV, Urus ST-X ditawarkan dalam paket lengkap bagi konsumen atau pengemudi. Paket sudah termasuk mobil yang sudah disiapkan (Urus ST-X) dan dukungan tim mekanis selama balap di akhir pekan.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini