Sukses

Musim Hujan, Pastikan Fitur Ini Ada di Low MPV Anda

Memasuki musim hujan, bagi Anda yang sehari-hari beraktivitas menggunakan mobil harus lebih waspada.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki musim hujan, bagi Anda yang sehari-hari beraktivitas menggunakan mobil harus lebih waspada. Selain itu, Anda juga harus rajin memeriksa kondisi kendaraan agar selalu dalam kondisi prima.

Berkendara saat musim hujan memerlukan perhatian yang lebih khususnya dalam kesiapan kendaraan dalam melewati jalanan licin dan banjir.

Disitat dari Driving Test Success, setidaknya ada tiga alasan mengapa perlu berhati-hati saat mengemudi di saat turun hujan.

Pertama, jarak berhenti akan lebih jauh. Hal ini karena permukaan aspal menjadi basah dan licin. Alhasil, bukan tak mungkin kendaraan akan menabrak kendaraan lain apabila jarak terlalu dekat.

Kedua, jarak pandang terbatas. Bahkan, kaca depan mobil bisa saja terciprat kotoran dari kendaraan di depannya. Hal ini pula yang membuat pengendara akan sulit melihat rambu-rambu lalu lintas, ataupun pejalan kaki.

Ketiga, bisa terjadi hydroplaning. Genangan air dipastikan ada saat hujan, terlebih jika saluran pembuangan air di jalanan tidak bekerja semestinya.

Jika mengalami hydroplaning bukan tak mungkin kendaran Anda akan sulit dikendalikan. Karena itu berhati-hatilah saat mengemudi di kala hujan.

Selain meningkatkan kewaspadaan dan memperbaiki skill mengemudi, fitur-fitur keamanan pada kendaraan juga bisa menunjang keselamatan.

Fitur seperti rem ABS (anti-lock braking system), EBD (Electronic Brake force Distribution), dan leveling headlamp menjadi beberapa fitur yang bisa diandalkan.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Selain itu, fitur TPMS (tire pressure monitoring system) juga memiliki peran penting untuk memastikan agar tekanan angin ban tetap terjaga. Seperti diketahui, ban merupakan satu-satunya komponen pada kendaraan yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan.

Sebagai komponen vital, tekanan angin ban tentu harus terjaga. Dan melalui TMPS ini Anda bisa memantau kondisi tekanan angin ban. Sayangnya tidak banyak produk mobil memiliki fitur-fitur ini.

Salah satu model yang sudah ditanamkan fitur-fitur tersebut adalah Wuling Confero S. Wuling Confero series sendiri di Indonesia mendapat respon positif.

Sebagai pendatang baru di kelas low multi purpose vehicle (LMPV), Confero series cukup menyita perhatian lantaran harganya yang lebih terjangkau dan memiliki fitur yang terbilang lebih lengkap dibanding kompetitornya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.