Sukses

Baru Punya SIM, Simak 10 Tips Mengemudi Aman untuk Pemula

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) bukan berarti Anda langsung bebas berkendara sesuka hati. Sebaliknya, jalan raya jadi lokasi yang cukup berbahaya karena kerap kali memakan korban jiwa lantaran terjadi kecelakaan.

Nah, jika Anda memang baru mendapatkan SIM, ada baiknya memanfaatkannya dengan bijak dan bertanggung jawab.

Pasalnya, dengan memiliki SIM, maka Anda mengemudi tidak hanya demi kepentingan pribadi, tetapi menjaga keamanan dan keselamatan semua pengguna jalan.

Nah, karena itu situs resmi Bridgestone Tire, memberikan 10 tips bagi mereka yang baru memiliki SIM agar dapat mengemudi secara aman dan menyenangkan.

 

2 dari 4 halaman

1.Patuhi Semua Aturan Lalu Lintas

Sebelum mendapatkan SIM, Anda pasti telah melakukan beragam tes teori dan praktek. Dari ujian tersebut, ada pula pengenalan rambu-rambu yang wajib Anda pahami dan diterapkan saat mengemudi.

2. Tak perlu ngebut

Mengemudi dengan cepat salah satu faktor utama kecelakaan fatal yang melibatkan anak muda. Karena itu, semakin tinggi kecepatan mobil, maka semakin sulit Anda untuk mengendalikan mobil.

3. Tetap menjaga kondisi mobil

Jika Anda bisa mengemudi, ada baiknya ikut merawat mobil. Hal ini agar menghindari kerusakan yang berpotensi terjadi kecelakaan. Setidaknya, Anda wajib melakukan servis, ganti oli, dan tune up. Tak lupa periksa tekanan ban, rotasi ban, periksa cairan rem, hingga isi bahan bakar.

4. Kenakan sabuk pengaman

Saat terjadi kecelakaan mobil fatal, lebih dari 50 persen remaja terluka karena tidak mengenakan sabuk pengaman. Maka dari itu pakailah sabuk pengaman.

5. Konsentrasi

Mengemudi harus tetap awas. Karena itu, hindari beberapa gangguan mulai dari menggunakan telepon genggam, makan, asik menonton TV dan aktivitas yang mengganggu lainnya.

 

3 dari 4 halaman

6. Gunakan Aksesori yang Sesuai

Boleh saja menggunakan aksesori baik eksterior maupun interior, hanya saja, pastikan aksesori yang digunakan tidak mengganggu Anda atau orang lain.

7. Tak perlu menyalip

Tak perlu menyalip jika memang tak diperlukan. Ada baiknya, untuk menjaga jarak mobil aman dengan yang lainnya, minimal jarak kendaraan anda dengan yang lain selama tiga detik.

8. Bawa barang-barang berguna di dalam mobil

Dalam keadaan darurat atau terjadi kasus kecelakaan, maka mobil harus memiliki dokumen termasuk SIM. Selain itu perlengkapan darurat mobil juga wajib ada, untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

9. Sesuaikan dengan kondisi cuaca

Kita tak tahu kapan terjadi musibah. Nah, jika memang kondisi cuaca sangat memengaruhi Anda dalam mengemudi seperti saat hujan, angin, atau salju, ada baiknya mengurangi laju kendaraan, dan menyalakan lampu, serta tentunya jaga jarak aman.

Jika memang jalan yang hendak dilalui sangat berbahaya, maka hindari jalan tersebut dan carilah jalan alternatif lainnya.

10. Mengemudi harus fokus

Di negara manapun, mengemudi sangat tidak dianjurkan dalam pengaruh alkohol,obat-obatan, atau saat Anda kurang tidur.  Jika salah satu ketiga itu tetap dilakukan maka bahaya siap mengintai Anda.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Tips Naik Motor Tetap Menyenangkan Saat Hujan
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati: Perilaku Buruk Mengemudi Menular kepada Anak