Sukses

Begini Untung Rugi Pakai Asuransi TLO dan Komprehensif

Liputan6.com, Jakarta - Untuk melindungi dan memberikan rasa aman, wajib bagi pemilik kendaraan untuk mengasuransikan mobil atau motor kesayangannya.

Dengan begitu, saat mengalami masalah, seperti kecelakaan atau kehilangan, si empunya kendaraan bisa mendapatkan penggantian atau perbaikan.

Sebelum memilih asuransi terpercaya, pemilik kendaraan harus mengetahui jenis asuransi yang sering digunakan, yaitu TLO atau total lost only atau kehilangan seluruhnya dan all risk atau komprehensif atau secara umum segala risiko.

Lalu, di antara keduanya, mana yang lebih menguntungkan? Dijelaskan Gunawan S.Salim, Chief Marketing Officer Retail Business Asuransi Astra (Garda Oto), untuk asuransi jelas lebih baik komprehensif.

"Kalau komprehensif, mobil lecet sedikit saja bisa diganti. Apalagi kondisi di Jakarta, dengan lalu lintas yang padat potensi kesenggol lebih besar," jelas Gunawan, di sela-sela peluncuran Happyone.id di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta Pusat, Rabu (17/10/2018).

Lanjutnya, dengan asuransi komprehensif mobil kesenggol diganti, namun kalau TLO harus kerusakan 75 persen baru diganti. "kalau komprehensif, cacat sedikit saja diperbaiki," tegasnya.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Nah, bagi konsumen yang hendak mengganti dari asuransi TLO dan komprehensif bisa saja, namun ada penambahan biaya yang harus dibayarkan lebih.

"Biasanya, pembelian kredit asuransi tiga tahun. satu tahun komprehensif, dua tahun TLO. Begitu komprehensif habis, TLO bisa dinaikan, tapi bisa berhasil bisa juga tidak. Preminya lebih mahal sekitar 30 persen dari TLO ke komprehensif," pungkas Gunawan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Segera Ganti Asuransi Mobil bila Mengalami Hal Ini
Artikel Selanjutnya
5 Hal Wajib Diperhatikan Saat Pilih Asuransi Mobil