Sukses

Inikah VW Kodok Termahal Sejagad?

Liputan6.com, Jakarta - Dalam situs Hemmings, Volkswagen Beetle (VW Kodok) lansiran 1964 ditawarkan dengan harga mencapai 1 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp 15 miliar. Harga yang sangat fantastis, senilai supercar yang ada zaman sekarang.

Ternyata, ada alasan di balik fantastisnya harga VW 'kodok' berusia 54 tahun itu, yakni kondisinya masih sama persis dari baru atau saat mobil dibeli dari diler.

Rudy Zvarich adalah pemilik VW Beetle hitam itu. Sampai pada 2014, Rudy meninggalkan dunia fana dan mobil itu diwariskan untuk keponakannya. Kondisi masih asli tak dilebih-lebihkan.

Bahkan tripmeter menampilkan angka 22 mil (35 km). Artinya mobil itu hampir tak pernah digunakan. Bagai dikirim dari dealer masa lalu, dan sampai di era sekarang.

Sang pemilik awalnya membeli sebagai mobil cadangan dari VW Beetle 1957 yang ia gunakan sehari-hari. Namun pada akhirnya tak pernah digunakan. Setelah membeli, ia menitipkan mobil itu di rumah kawannya.

Baru pada 1966 disimpan di rumahnya sendiri. Sejak itu, sampai 2016, mobil tak bergerak dari posisinya. Tentu saja dengan cairan sudah dikosongkan dan mobil dibungkus dengan rapih.

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Warna cat hitam masih asli, dengan sedikit debu wajar. Sejak dibeli, VW Beetle itu tak pernah kena air pencucian. Apalagi masuk bengkel servis.

Sampai bilah wiper, spion, hingga dop penutup pelek belum dipasangkan, masih tersimpan rapih dalam kotak seperti pertama diberikan oleh diler. Baterai atau aki bawaan dikatakan juga masih ada, belum pernah digunakan. Rudy membawa aki sendiri ketika membeli mobil itu dari diler.

Di interior juga bisa dilihat orisinalitasnya. Kursi dengan bungkus kulit berwarna merah (Leatherette Red) jadi yang paling mencolok di kabin. Terlihat seperti mobil baru yang belum lama keluar dari diler. Stiker diler di jendela juga masih terpasang dan jelas terbaca.

Memang ada sejumlah Volkswagen Bettle klasik dengan kondisi luar biasa yang bisa dijumpai di dunia. Beberapa di antaranya ada di Porsche Museum - Stuttgart, Volkswagen Museum - Wolfsburg dan Prototype Museum - Hamburg, Jerman. Namun, VW Beetle hitam produksi 1964 milik Rudy, mungkin jadi satu-satunya di luar museum yang kondisinya sangat orisinil.

Itu berarti satu-satunya dari 948.370 unit VW Beetle yang lahir pada 1964. Jadi wajar kalau Hemmings menjualnya senilai 1 juta Dollar Amerika atau seharga supercar. Apalagi, produksi VW Beetle modern dihentikan oleh manufaktur, setelah genap berusia 70 tahun. VW Beetle klasik dengan kondisi sangat asli, punya nilai tinggi sebagai barang koleksi. Tertarik untuk membelinya?

Sumber: Oto.com

Artikel Selanjutnya
Karir VW Beetle di Negeri Paman Sam Berakhir