Sukses

Ada yang Curang, Posisi Start Dimas Ekky Maju

Dalam kualifikasi kKemarin, Dimas Ekky Pratama menduduki peringkat ke-7. Namun siang hari ini di CEV Moto2 European Championship di sirkuit Jerez, Spanyol, Dimas start dari posisi ke-6.

Liputan6.com, Jerez Dalam kualifikasi kKemarin, Dimas Ekky Pratama menduduki peringkat ke-7. Namun siang hari ini di CEV Moto2 European Championship di sirkuit Jerez, Spanyol, Dimas start dari posisi ke-6.

Posisinya maju dikarenakan ada pembalap yang bermain curang pada kualifikasi ke-2, Sabtu (29/9). Adalah Hector Garzo yang mendapat sanksi turun 12 posisi. "Ya, Garzo kena pinalti," ujar Anggono Iriawan, Senior Manager Motorsport and Safety Riding Astra Honda Motor kepada Liputan6.com di Jerez.

Garzo diketahui melakukan kecurangan dengan menggunakan tekanan bahan bakar yang di luar batas yang disyaratkan. Untuk diketahui, saat kualifikasi, 5 motor pembalap teratas akan masuk ke dalam ruang srcutineering. Dalam pemeriksaan yang dilakukan tim scrutineering, terbukti motor Garzo menggunakan seting yang tidak sesuai regulasi.

"Ketahuan saat pemeriksaan, makanya kena sanksi," jelas Anggono.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kualifikasi

Bagi DImas, Sirkut Jerez menjadi tempat yang spesial. Pada 2014 lalu ia menjalani debut CEV International Championship. Tahun lalu DImas mencatatkan hasil terbaiknya di Jerez, di posisi ke empat. Selisih 0,1 detik dari peraih podium ke-3. Pada kualifikasi pertama, Sabtu (29/9), Dimas mencatatkan waktu 1:43.946 dan berada di posisi ke 7. Tahun lalu waktu tempuh terbaiknya di Jerez 1:43.8.

Dimas mengaku ada kendala pada tungganganya. "Tapi sudah kembali ke settinga suspensi seperti tahun lalu." Diungkapkannya, settingan baru yang dipakai kemarin kurang membuatnya nyaman saat melalui tikungan. Pada settingan suspensi yang dipakai saat balap di Catalunya (Barcelona) dan free practice kemarin, Dimas tidak padat feeling yang baik. "Nggak bisa turning, exit-nya terlalu ke dalam," ujarnya.

Perlu diketahui, untuk balap CEV Internatioanl Championship di Jerez de la Frontera 2018, Dimas menggunakan sasis 2017. Torehan waktu QTT 2, Dimas melesat dalam waktu 1:44,569. Dengan raihan ini besok DImas akan memulai balap dari urutan ke-7. Target pada balap kali ini adalah podium. Sebelumnya di Aragon, DImas berada di posisi ke-8.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.