Sukses

Mobil Sport Harian Audi Dibanderol Rp 2,63 Miliar, Apa Hebatnya?

New Audi RS 5 Coupe melalui PT Garuda Mataram Motor, selaku agen pemegang merek Audi di Tanah Air, hadir di GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Liputan6.com, Tangerang - Tak hanya meluncurkan sedan mewah Audi A8 L terbaru, pabrikan otomotif asal Jerman ini juga memperkenalkan mobil sport paling anyar, yaitu new Audi RS 5 Coupe melalui PT Garuda Mataram Motor, selaku agen pemegang merek Audi di Tanah Air.

Bertempat di ajang Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Audi mengklaim, mobil sport tersebut model Audi Sport pertama yang menggunakan desain RS terbaru.

Menurut Stephan Winkelmann, CEO Audi Sport Gmbh, new Audi RS 5 Coupe adalah gran turismo di antara model-model RS dari Audi Sport.

“Coupe berperforma tinggi ini mengombinasikan desain yang elegan dengan kemudahan dalam penggunaan harian,” ucap Stephan di acara GIIAS 2018.

Audi menyebutkan, mobil RS 5 Coupe terinspirasi dari detail model balap Audi 90 quattro IMSA GTO.

Eksterior

Secara keseluruhan total dimensi mobil ini memiliki panjang 4.723 mm atau 74 mm lebih panjang dibanding model sebelumnya.

Desain depan terdapat lubang udara masuk berukuran besar dengan struktur sarang madu (honeycomb) menjadi ciri khas utama model RS.

Sementara itu, grille model singleframe kini lebih lebar dan datar dibanding model Audi A5 sebagai base model-nya. Demikian juga dengan penggunaan lampu utama  full LED terdapat lubang masuk dan keluar tambahan.

Di bagian belakang, bumper telah dilengkapi dengan diffuser khas model RS, lip spoiler di bagian pintu bagasi serta ujung pipa knalpot oval RS. New RS 5 Coupe mendapatkan roda dengan pelek berukuran 20 inci dengan pelek model 5-arm trapezoidal glossy anthracite black.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Interior

Jeroan dalam didominasi kelir hitam dengan detail tempat duduk sport RS dan pola jahitan berlian serta berbalut bahan kulit Fine Nappa dan lingkar kemudi RS multifungsi berdasar rata.

Untuk memperkuat ciri khas mobil tersebut, maka dilengkapi logo RS pada bagian tempat duduk, lingkar kemudi, door trim dan tuas transmisi.

Tampilan spesial RS juga terdapat virtual cockpit yang menampilkan informasi tekanan angin ban, torsi dan g-force. Layaknya mobil balap, lampu peringatan transmisi juga menyala pada saat putaran mesin mobil mencapai batasnya.

Material kulit berwarna hitam juga terdapat pada lingkar kemudi, tuas transmisi dan pelindung lutut. Semua pedal dan tempat injakan kaki untuk istirahat menggunakan bahan stainless steel.

Untuk menghibur pengemudi dan penumpang, Audi RS 5 Coupe telah dilengkapi dengan sistem infotainment yaitu MMI navigation plus serta modul hardware MMI connect yang dapat menyambungkan Audi RS 5 Coupe dengan internet melalui jaringan LTE.

Interface ponsel pintar Audi menggunakan Apple Car Play untuk mengakses betbagai aplikasi yang tersedia.

 

3 dari 3 halaman

Mesin dan Chassis

Audi RS 5 Coupe telah dibenamkan mesin V6 biturbo 2.9 TFSI yang menyemburkan daya puncak 450 Tk dan torsi maksimal hingga 600 Nm pada 1.900 – 5.000 rpm. Mobil ini dilengkapi transmisi otomatis 8-speed tiptronic.

Dengan mesin tersebut, mobil ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,9 detik dan kecepatan maksimal 280 km/jam.

Dalam uji NEDC, mesin V6 biturbo ini memberikan konsumsi bahan bakar hanya 8,7 liter per 100 km dan emisi gas buang CO2 sebesar 197 gram/km.

Hal ini berarti new RS 5 Coupe lebih efisien hingga 17 persen. Faktor lain yang memberikan nilai efisiensi lebih besar adalah bobot new RS 5 Coupe yang semakin ringan. Bobotnya hanya 1.655 kg atau 60 kg lebih ringan dibandingkan sebelumnya.

Selain mesin, bagian suspensi mobil ini telah diperbarui dimana pada bagian depan menggunakan five-link menggantikan trapezoidal-link. Audi Sport juga menawarkan RS sport suspension dan  dynamic steering dengan RS-specific tuning.

Untuk memberikan pilihan new Audi RS 5 Coupe yang dijual dengan harga Rp 2,635 miliar (on the road Jakarta), hadir dengan delapan pilihan warna, yaitu Mythos Black, Nardo Grey, Florett Silver, Glacier White, Navarra Blue, Sonoma Green, Daytona Grey, dan Misano Red.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.