Sukses

Honda Zoomer dan Yamaha Qbix, Skutik Nyentrik yang Menawan

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha Thailand baru saja memamerkan sebuah skuter unik dengan gaya futuristik bernama Yamaha Qbix. Motor ini dianggap  mampu menyaingi produk pabrikan Jepang lainnya, Honda Zoomer.

Keduanya merupakan skutik yang tampil beda dari motor kebanyakan. Bentuknya kompak dan menarik perhatian. Selain itu, baik Yamaha Qbix maupun Honda Zoomer, sama-sama didaulat sebagai skutik perkotaan modern.

Meski memiliki bahasa desain yang mirip, kapasitas mesin keduanya cukup berbeda. Yamaha Qbix mengusung dapur pacu 1-silinder 125cc berpendingin cairan. Konfigurasi tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 9,5 Tk dengan torsi mencapai 9,6 Nm.

Sementara itu, Honda Zoomer hadir dengan mesin 1-silinder 108,2cc berpendingin udara layaknya skutik entry-level, Honda Beat series. Meski demikian, jantung pacu bertenaga 8,7 Tk dan torsi 9,3 Nm tersebut juga dibekali sistem ACG starter.

Bisa dibilang, tampilan Yamaha Qbix yang cenderung kotak atau biasa disebut boxy terlihat lebih futuristik ketimbang Honda Zoomer yang terkesan gahar dan tangguh. Selain itu, Yamaha Qbix sudah mengusung LED headlight dan taillight, sedangkan Honda Zoomer masih menggunakan bohlam.

 

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

Baik Honda Zoomer maupun Yamaha Qbix sudah menggunakan instrumen panel digital dan bagasi luas di bawah jok. Uniknya, jok Honda Zoomer tidak dibuka ke depan layaknya skutik pada umumnya, melainkan ke samping.

 

Beda lainnya, Honda Zoomer sudah menggunakan suspensi depan upside-down, sedangkan Yamaha Qbix masih teleskopik. Meski demikian, skutik pabrikan berlogo garpu tala tersebut memiliki power-socket charger yang tidak terdapat pada Honda Zoomer.

Sayangnya, kedua motor unik tersebut tidak atau masih belum dipasarkan di Indonesia. Mengenai harga, Yamah Qbix dibanderol mulai THB53.500 atau Rp23,5 jutaan hingga THB59.900, Rp26,3 jutaan. Sedangkan Honda Zoomer dijual di Filipina seharga PHP93.900 yang setara dengan Rp25,3 jutaan.

Sumber : Otosia.com

2 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Kemudi Mobil Didesain Lingkaran, Apa Alasannya?
Artikel Selanjutnya
Mesin Diesel Isuzu Terkenal Bandel, Ini Rahasianya