Sukses

Ford GT Khusus Penyandang Disabilitas Ini Tampil Keren dan Kencang

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan khusus untuk penyandang disabilitas sudah menjadi hal biasa. Namun, jika bentuknya adalah sportcar, dan tetap dengan performa tinggi baru luar biasa.

Seperti dilansir roadandtrack, Kamis (5/7/2018), mobil khusus penyandang disabilitas ini adalah Ford GT milik Jason Watt, pembalap Formula 3000.

Mobil sport ini, diciptakan agar sang pembalap yang harus merelakan kakinya karena kecelakaan motor pada 1999 tetap bisa berkendara.

Seperti mobil penyandang disabilitas lainnya, untuk gas dan rem mobil ini dipindahkan melalui tuas agar bisa menggunakan tangan.

Tuas itu sendiri, disebut Click & Go dari perusahaan Automax milik Max Birkelund, yang juga mantan pembalap dengan disabilitas.

Dengan fungsi tersebut, memang cukup mudah untuk mobil biasa, seperti van atau sedan. Tapi, apa jadinya jika kendaraan tersebut berstatus mobil sport, dan digunakan di lintasan sirkuit, yaitu Nurburgring.

Hal tersebut, dibuktikan sendiri oleh James Watt. Bahkan, Watt menggunakan mobil ini juga untuk balap di Le Mans.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

"Saya memasangakan sistem untuk tangan kanan sehingga bisa mengendalikan baik akselerasi dan mengerem," jelas Watt. "Saya masih bisa memacu kencang seperti halnya saat menggunakan kedua tangan pada kemudi," tambahnya.

Untuk diketahui, Ford GT Jason Watt memang spesial, meskipun mesinnya tetap standar. Mobil ini dipersenjatai dengan mesin tengah V6 berkapasitas 3,5 liter twin turbo. Dengan mesin tersebut, mobil ini mampu menghembuskan tenaga 647 Tk dengan torsi 746 Nm.