Sukses

Merek Mobil Korea Selatan Kuasai Kepuasan Konsumen

Liputan6.com, Jakarta - KIA, merek mobil yang satu ini memang kurang bersinar di pasar otomotif nasional. Namun demikian hal itu berbeda jika dibandingkan di pasar global.

Merek mobil asal Korea Selatan ini baru saja dinobatkan sebagai merek mobil non-premium nomor satu oleh J.D Power pada ajang kepuasan konsumen Initial Quality Study 2018.

Para pemilik KIA mengaku lebih sedikit masalah dalam 90 hari kepemilikan dibandingkan dengan merek mobil dan truk non-mewah lain.

Dengan begitu, KIA telah menerima penghargaan serupa selama empat tahun berturut-turut yang digelar di negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Menurut Chief Operating Officer & EVP KIA Motors America, Michael Cole, dengan predikat tersebut KIA memiliki kualitas kelas dunia dan kecanggihan yang ditanamkan di setiap mobil dan SUV yang dibangun.

“Dengan dua pemenang segmen dan empat model tambahan yang menempati posisi ketiga terasa di segmennya masing-masing, bukti pengembangan KIA dan besar sekali fokus pada pengalamanan kepemilikan,” demikian ungkap Michael dalam keterangan tertulis, Selasa (3/7/2018).

Beberapa model KIA yang tak lepas dari hasil kinerja positif itu antara lain seperti Sorento di segmen SUV menengah, Rio dikelas mobil kecil, Optima untuk mobil menengah, Sportage di segmen SUV Kecil, Sedona di kelas Minivan di tempat kedua, dan Forte yang ada di kelas Compact Car diposisi ketiga.

Sedangkan berdasarkan laporan tahunan, analisis ini dilakukan pada 75.712 responden berkaitan dengan 240 model kendaraan di 26 segmen.

Penilaian kendaraan dievaluasi pada pengalaman mengemudi, kinerja mesin, transmisi, serta berbagai masalah kualitas yang dilaporkan oleh pemilik kendaraan.

2 dari 3 halaman

KIA Luncurkan Picanto Edisi Piala Dunia 2018, Apa Istimewanya?

Produsen otomotif asal Korea Selatan, Hyundai dan KIA menjadi salah satu sponsor resmi Piala Dunia 2018. Dengan memanfaatkan momen pesta sepakbola empat tahunan tersebut, Kia Malaysia berencana memperkenalkan Picanto edisi World Cup Edition 2018.

Melansir Paultan, Selasa (3/7/2018), model edisi spesial ini berdasarkan versi spesifikasi tinggi, dan tampilannya seperti X-Line yang dijual di Inggris.

Picanto X-Line sports dilengkapi bumper baru dengan menampilkan foglamp, sudut lebih besar, dan grill tiger nose, serta warna tunggal Titanium Silver.

Bagian eksterior terdapat bodi cladding plastik hitam layaknya crossover, pelek 16 inci dengan ban 195/45, dan lebih besar dari varian EX 14 inci. Selain tampilan, model ini juga dilengkapi rem darurat otonom dan monitor untuk tekanan ban.

Fitur keselamatan lebih lengkap, yaitu anti-lock braking system (ABS), brake assist system (BAS), electronic stability control (ESC), traction control, dan hill-start assist.

Untuk jantung penggeraknya, tidak ada beda dan tetap dilengkapi mesin berkapasitas 1,2 liter Kappa II naturally-aspirated empat silinder. Dengan unit tersebut, mobil ini mampu mengembuskan daya hingga 82 Tk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 122 Nm pada 4.000 rpm.

Harganya, model spesial ini bakal lebih mahal dari varian 1,2 EX dan dibanderol 47.079 ringgit atau setara dengan Rp 167 jutaan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: