Sukses

Setelah Mudik, Pemilik Sepeda Motor Wajib Periksa Beberapa Komponen

Liputan6.com, Jakarta - Libur Lebaran telah usai. Tentu saja berbagai aktivitas akan kembali normal, terlebih di kota besar. Selain itu, masyarakat yang sempat mudik dengan sepeda motor tentunya wajib melakukan pemeriksaan sebelum kendaraan kembali digunakan sehari-hari.

Pasalnya, sepeda motor yang digunakan untuk mudik pasti telah melalui berbagai kondisi jalan, mulai dari aspal mulus sampai jalan yang berlubang.

Jika sepeda motor dilakukan pemeriksaan kembali, maka hal itu dapat mengurangi risiko lebih tinggi, seperti kerusakan parah yang justru menghabiskan banyak biaya.

Dari berbagai sumber, bagian sepeda motor yang tak luput dari pemeriksaan adalah sektor kaki-kaki, karena hal itu sangat berkaitan langsung ketika digunakan pemudik.

Oleh karena itu, beberapa penjelasan ini biasanya terkait kaki-kaki yang kerap mengalami masalah usai digunakan perjalanan jauh seperti usai mudik Lebaran:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bearing Roda

Biasanya, komponen pertama yang rentan terjadi kerusakan usai melibas jalan "keriting" adalah leher atau bearing roda.

Komponen yang menjadi bantalan antara pelek dengan as roda ini rentan oblak bila sering melintasi jalan rusak dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Gejala bearing yang sudah mulai oblak adalah sepeda motor terasa goyang saat digeber pada kecepatan di atas 70 km/jam.

Bila dibiarkan terus-menerus, tak menutup kemungkinan bearing yang sudah oblak akan pecah dan membuat as dan pelek terikat akibat bearing yang pecah dan macet.

 

3 dari 4 halaman

Pelek Peyang

Andai kata bearing tidak sampai pecah, dampak yang bisa saja dialami oleh pemotor yang sering melibas jalan keriting adalah pelek rodanya peyang.

Gejala ini lebih sering dialami oleh sepeda motor yang masih menggunakan pelek jari-jari. Pemotor dengan tunggangan yang telah menggunakan casting wheel bukan berarti tanpa masalah.

Penyakit pelek peyang juga bisa dialami jika sepeda motor menghajar lubang dengan kecepatan tinggi, hingga membuat salah satu bagian pelek.

4 dari 4 halaman

Ban Bocor

Komponen terakhir yang wajib diperiksa usai melakukan perjalanan panjang adalah ban. Bisa saja ketika melintasi jalan keriting Anda tidak mengetahui jika ban telah tertancap benda-benda tajam seperti kerikil, pecahan kaca, pelat, atau bisa saja paku kecil.

Mungkin efek bocor tidak langsung dirasakan oleh pengguna ban tubeless. Namun demikian, benda-benda asing seperti ini berpotensi merobek ban jika terus menerus didiamkan meskipun tidak sampai membuat ban bocor.

Untuk itu, sempatkan waktu memeriksa ban. Bila mendapati ada benda asing yang menancap, maka cabutlah benda-benda asing itu di tukang ban untuk mengantisipasi kebocoran yang mungkin timbul usai dicabut.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Sumsel, Bali dan Sulsel di sini.

Dan ikuti Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Non Stop hanya di Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.