Sukses

5 Barang Ini Wajib Ada di Balik Jok

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua jenis sepeda motor dilengkapi dengan ruang penyimpanan atau bagasi. Ukurannya beragam tergantung tipenya.

Model skutik umumnya memiliki ruang yang cukup luas bahkan ada yang mampu menampung dua helm sekaligus.

Selain menaruh barang bawaan, jok motor juga harus diisi beberapa perlengkapan mekanik. Pasalnya, motor bisa saja mogok tiba-tiba. Apalagi ketika Otolovers tengah menempuh perjalanan jauh.

Lantas, apa saja perlengkapan yang harus selalu ada di bagasi motor?

1. Kunci busi

Baik motor sport maupun skutik entry-level pasti dilengkapi busi. Komponen ini bisa saja tidak berfungsi sewaktu-waktu. Karena itu, Otolovers wajib membawa kunci busi di jok motor. Lebih baik lagi jika disertai dengan busi cadangan.

2. Obeng

Biasanya, pabrikan sudah menyertakan obeng saat pembelian motor baru. Fungsinya tentu untuk mengencangkan dan membuka baut.

 

 

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Kunci pas

Beberapa bagian motor hanya bisa dipasang dan dibuka dengan kunci pas. Sebaiknya, selalu sediakan kunci nomor 8,10,12, dan 14 di jok motor. Bahkan, beberapa orang membawa satu set kunci pas lengkap.

4. Tang

Tang bisa dibilang sebagai perlengkapan multi fungsi. Alat ini akan berguna ketika tali gas atau pun kopling putus tiba-tiba. Tang juga dapat digunakan sebagai pengganti kunci pas, namun, fungsinya tentu tak seefektif kunci pas.

5. Jas hujan

Karena beriklim tropis, cuaca di Indonesia sulit ditebak. Terkadang cerah di pagi hari, dan tiba-tiba turun hujan saat sore hari. Karena itu, Otolovers harus selalu membawa jas hujan di jok motor.

Sumber: Otosia.com

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Sumsel, Bali dan Sulsel di sini.

Dan ikuti Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Non Stop hanya di Liputan6.com.

2 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Hitung Kemampuan Mobil Membawa Barang Sebelum Mudik