Sukses

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengganti Cat Mobil

Sederet panduan sebelum Anda mengganti warna cat mobil dengan biaya murah dan juga bisa dikerjakan sendiri

Liputan6.com, Jakarta - Bosan dengan cat mobil Anda yang warnanya standar? Anda bisa menggantinya dengan warna yang lebih unik atau nyentrik. Anda bisa mengganti warna mobil Anda dengan biaya murah bahkan bisa dikerjakan sendiri.

Bagi yang ingin mengubah warna mobilnya dengan warna yang lebih menarik, berikut panduan mengganti warna cat mobil, dikutip dari laman Toyota:

1. Gunakan amplas 

Langkah pertama, gosok bagian mobil yang akan diganti warna catnya dengan menggunakan amplas hingga halus.

Saat mengamplas warna cat, baiknya Anda memilih jenis amplas dengan tipe 1000 agar hasilnya jauh lebih maksimal. Jika proses pengamplasan sudah selesai segera cucilah bagian mobil yang sudah diamplas hingga bersih.

2. Jemur mobil

Keringkan mobil yang sudah dicuci di bawah terik matahari. Pastikan bahwa mobil anda sudah dalam keadaan kering untuk segera dilakukan proses pengecatan selanjutnya.

3. Cek jamur

Jika anda menemukan bagian mobil yang belum bersih karena adanya jamur yang melekat pada badan mobil, Anda bisa mengamplas bagian badan mobil yang terkena jamur secara berkali-kali hingga jamur hilang dan warnanya netral seperti warna bagian mobil lainnya.

Jika jamur pada bagian mobil tersebut sudah hilang, cuci kembali bagian mobil tersebut dengan air dan jemur mobil hingga semua benar-benar kering.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Beri warna cat dasar

Setelah kering dan tak ada jamur, beri warna cat dasar pada body mobil sesuai yang diinginkan. Umumnya, warna cat dasar yang digunakan netral seperti abu-abu dan putih agar warna cat yang akan kita aplikasikan akan menjadi lebih optimal. Jika anda sudah mengecat badan mobil dengan warna cat dasar, keringkan cat mobil dengan cara dijemur di bawah terik matahari selama beberapa jam. Hindari debu pada saat memberi warna cat dasar.

5. Amplas kembali

Setelah cat sudah kering, amplas kembali semua badan mobil yang sudah diberi warna cat dasar dengan mengunakan jenis amplas >1200, tipis-tipis untuk menghaluskannya.

6. Cat semua bagian mobil dengan rata

Pilih warna cat mobil yang diinginkan dan cat semua bagian mobil dengan rata. Usahakan cat yang digunakan untuk proses pewarnaan ini adalah cat yang lebih encer dengan perbandingan 1 liter cat dan 4 liter thiner cat dengan super A.

Teknik pengecatan pun harus berhati-hati dan teliti, cukup mengusap kuas cat sekali saja tanpa harus diulang-ulang agar hasil pewarnaan merata.

7. Jemur kembali hingga benar-benar kering.

Setelah proses mengecat, jemur kembali hingga kering. Setelah kering, berikan pernis pada badan mobil yang sudah dicat. Pilih pernis Blinken atau Avian S4000 untuk hasil akhir yang mengkilap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini