Sukses

4 Bahan Dapur Murah Meriah Penghilang Karat pada Mobil, Apa Saja?

Jika Anda berminat untuk mengecat ulang mobil karena karat, tentu karatnya harus dihilangkan terlebih dahulu. Namun, harga penghilang karat harganya tak murah dan bahan kimianya cukup keras.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda berminat untuk mengecat ulang mobil karena karat, tentu karatnya harus dihilangkan terlebih dahulu. Namun, harga penghilang karat harganya tak murah dan bahan kimianya cukup keras.

Nah, Anda sebenarnya bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan karat ini. Seperti disebutkan Doityourself, ada 4 bahan alami yang bisa hilangkan karat mobil.

1. Cuka Putih

Cuka adalah solusi alami nan ampuh untuk menghilangkan segala permasalahan karat. Bahan kimia pada cuka akan menyerap molekul karat pada permukaan logam. Jenis metal mempengaruhi seberapa besar cuka menghilangkan karat.

Gunakan juga ampelas untuk menghilangkan beberapa karat yang mudah hilang pada area tersebut. Rendam lap dengan cuka dan tempelkan pada bagian yang berkarat.

Semakin lama cuka pada lap ditempelkan, semakin banyak karat yang akan menghilang. Lalu usap dengan lap bersih. Lakukan langkah itu berulang, untuk menghilangkan semua karat.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Baking Soda

Selain untuk menghilangkan bau pada lemari es, baking soda juga bisa menghilangkan karat mobil. Bahan kimia pada baking soda akan bereaksi pada molekul pada karat.

Caranya, kamu harus membuat pasta baking soda. Campur baking soda dengan sedikit air. Lalu aplikasikan pada bagian yang berkarat.

3. Soda

Soda bisa menghilangkan karat pada logam, termasuk krom. Mengapa? Karena soda mengandung asam sitrat yang tinggi, dan asam bisa menghilangkan karat. Rendam lap dalam soda dan usapkan pada karat mobil. Ini sangat baik digunakan pada area kecil dan digunakan untuk menghilangkan karat pada krom.

 

 

3 dari 3 halaman

4. Lemon Segar

Alasan mengapa soda bisa menghilangkan karat adalah alasan yang sama mengapa lemon juga bisa menghilangkan karat. Karena kandungan asam. Semua buah jeruk bisa menghilangkan karat karena mereka semua mengandung asam sitrat.

Lemon sangat baik karena mengandung asam sitrat tinggi. Caranya, potong lemon segar menjadi dua bagian. Kemudian gosokkan pada bagian yang berkarat.

Alternatif lainnya, dengan menggunakan perasan lemon. Rendam lap atau kain ke dalamnya lalu gosokkan pada area yang berkarat.

Ini sangat ampuh untuk bagian terkecil. Perasan lemon yang digunakan pada logam yang sangat berkarat, memang bisa hiilang, tapi butuh waktu yang lama. Butuh lebih banyak lemon dan lebih banyak tenaga untuk menggosok.

 

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.