Sukses

Jangan Khawatir Saat Knalpot Mobil Kemasukan Air

Jika mobil terendam atau menerobos genangan air, jangan panik saat knalpot kemasukan air.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda nekat menerobos genangan air atau mungkin mobil Anda terendam hingga knalpot kemasukan air, jangan langsung buru-buru panik. Anda tak perlu khawatir karena air tak akan sampai ke ruang bakar.

Kewaspadaan dalam penanganan sangat penting mengingat efek air genangan yang tentu saja kotor bisa cukup berat terhadap kinerja mobil, entah mesin ataupun kelistrikan.

Namun, jika air masuk knalpot, dan tarikan mesin mungkin berat, jangan langsung panik.

"Kalau air masuk knalpot, sebenarnya tidak mungkin masuk ke ruang bakar karena, terutama ketika mesin dinyalakan, dia mendorong keluar (air)," ujar seorang mekanik di bilangan Jalan Fatmawati, Jakarta.

Lalu kenapa misalnya kerja mesin seperti terganggu? Dia menjelaskan bahwa kemungkinan air terbendung sedikit di catalytic converter, tabung bagian knalpot yang berada di tengah kolong bodi mobil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Pasalnya, di bagian itu terdapat material berlobang-lobang yang normalnya berfungsi menyaring gas buang, tetapi kali ini jadi menampung air. Dengan begitu, seiring pemakaian, air akan menguap karena panas gas buang.

Yang perlu diwaspadai justru bukanlah knalpot, tetapi kelistrikan dan saluran isap udara untuk pembakaran, apalagi jika posisinya rendah dan genangan cukup tinggi.

Jika demikian, air bisa masuk ke ruang pembakaran dan bercampur dengan oli menyebabkannya menjadi berwarna putih. Kalau sudah begini, segera keluarkan air serta bersihkan, lalu ganti oli.

Reporter : Dimas Wahyu

Sumber: Otosia.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.