Sukses

Mengenal Thermostat, Si Kecil yang Bertugas Menjaga Suhu Mesin

Pernah mendengar istilah thermostat saat berkunjung ke bengkel? Jika belum, komponen ini sangat berjasa untuk menjaga suhu mesin mobilmu tetap stabil.

Liputan6.com, Jakarta - Pernah mendengar istilah thermostat saat berkunjung ke bengkel? Jika belum, komponen ini sangat berjasa untuk menjaga suhu mesin mobilmu tetap stabil.

Seperti yang disebutkan oleh Bengkel Rotary Bintaro, thermostat mampu menjaga suhu mesin meskipun sudah mencapai 80 -90 derajat celcius.

Bagaimana bentuk thermostat?

Komponen ini memiliki ukuran kecil, yang menyerupai katup yang biasanya terbuat dari logam yang berbeda. Cara kerja komponen ini otomatis terbuka, jika suhu mesin meningkat melebihi suhu rata-rata.

Lalu akan menutup dengan sendirinya saat mesin mobil sudah mencapai suhu netral. Begitu seterusnya.

Terbayang jika tak ada thermostat kan? Bahkan mobil dengan transmisi otomatis akan menurun kinerjanya jika mesinnya telalu panas. Karena mesinnya sudah terlalu gerah sehingga tak mampu untuk menarik beban dari mobil itu sendiri.

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Fungsi Thermostat

Pada dasarnya Thermostat ini memiliki tiga fungsi utama. Pertama, untuk menahan air pendingin.

Kedua, sebagai jalur sirkulasi ke radiator. Air pendingin yang ditampung thermostat bisa dialirkan ke radiator dan didinginkan di dalam radiator. Sirkulasi kerja dari thermostat ke radiator akan sering terjadi pada saat mesin mencapai suhu kerja.

Ketiga, untuk mempertahankan suhu. Seperti dijelaskan sebelumnya, thermostat berguna untuk mempertahankan suhu di dalam mesin agar selalu berada pada batasan yang telah ditentukan.

Sumber : Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.