Sukses

Toyota Indonesia Recall 24 Ribu Mobil, Cek Daftarnya

Bagi Anda pemilik Toyota Alphard, Corolla Altis, Fortuner, Innova, atau Hilux lansiran Mei 2015 - Januari 2016 sebaiknya segera menghubungi bengkel servis resmi Toyota.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda pemilik Toyota Alphard, Corolla Altis, Fortuner, Innova atau Hilux lansiran Mei 2015 - Januari 2016 sebaiknya segera menghubungi bengkel servis resmi Toyota.

Pasalnya, sebanyak 24.662 unit dari model-model itu, disinyalir punya masalah sensor airbag. Pengumuman resmi diberikan oleh Toyota Astra Motor untuk memeriksa produk-produk itu sebagai bagian program Special Service Campaign (SSC).

Program SSC menindaklanjuti pengumuman global Toyota Motor Corporation (TMC) yang juga memanggil model-model dengan kemungkinan bermasalah sensor airbag-nya.

Henry Tanoto selaku Vice President Director Toyota Astra Motor menyebutkan, pihaknya mengutamakan pelayanan menyeluruh yang baik bagi pelanggan. Salah satunya terus meningkatkan kualitas layanan purnajual kendaraan Toyota. "SSC hadir untuk memberikan layanan yang cepat dan efektif kepada para pelanggan Toyota. SSC kami hadirkan sebagai bagian dari upaya mewujudkan semangat peace of mind bagi pelanggan,” kata Henry dalam siaran rilis yang diedarkan Rabu lalu (9/5).

Untuk keberlangsungan SSC yang lebih baik, pemilik kendaraan Toyota juga dikirimi surat resmi sebagai undangan ke bengkel terdekat. Jika ditemui indikasi yang tidak biasa pada airbag maupun perangkat terkait lain, Toyota sangat menyarankan untuk segera mengunjungi bengkel untuk ditindaki. Karena bagian program resmi, tentu penanganan tidak dikenai biaya, selama yang bermasalah masih termasuk dari program.

Selain dari sensor, TAM sebelumnya sudah menjalankan program mirip, namun masalahnya pada airbag inflator. Program recall airbag inflator sudah berjalan sejak 2015 dan sampai saat ini masih terus dilakukan pemanggilan bagi yang belum datang ke bengkel resmi. Total, 117.117 unit sudah ditangani, lebih banyak dari data yang dikumpulkan sebelumnya, 97.980 unit. Jumlah itu terbagi atas Toyota Alphard produksi tahun 2010—2014, NAV1 produksi 2012—2013, Camry produksi 2002—2004, Corolla produksi 2001—2013, Vios produksi 2006—2013, dan Yaris produksi 2006—2013. Sedang sampai akhir April 2018 sebanyak 14.918 unit sudah diperbaiki inflator airbag-nya di bengkel resmi Toyota.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Seperti sudah disebut, pemeriksaan dan penggantian komponen terkait airbag, tidak dipungut biaya karena sudah jadi komitmen Toyota untuk memberikan Beyond Service dan wujud tanggung jawab untuk menjamin keselamatan pelanggan. Makanya TAM mengharapkan dukungan dan kerjasama dari pelanggan sehingga program bisa berjalan dengan baik. Waktu penggantian komponen ini membutuhkan tempo kurang lebih 3 jam. Sila menghubungi Toyota Customer Care di nomor telpon 1-500-315 atau akses situs www.toyota.astra.co.id/ssc dan masukkan nomor rangka mobil. 

Reporter : Ardiantomi

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.