Sukses

Rahasia Bugatti Menyempurnakan Hypercar Bertenaga 1.500 Tk

Bagaimana cara Bugatti mengoptimalkan Bugatti Chiron yang sudah memiliki tenaga 1.500 Tk?

Liputan6.com, Molsheim - Bagaimana cara sebuah pabrikan mengoptimalkan sebuah mobil yang sudah memiliki tenaga 1.500 Tk, dilengkapi mesin W16 quad-turbo dan klaim kecepatan puncak 420 km/jam? Ini yang menjadi tantangan bagi Bugatti untuk menyempurnakan Bugatti Chiron menjadi Chiron Sport. 

Tidak seperti Veyron Super Sports, yang dengan mudahnya meningkatkan tenaga dari 1.000 Tk menjadi 1.200 Tk, Chiron Sport tidak menawarkan tenaga yang lebih besar dari model dasar. 

Dilansir Popular Mechanics, Jachin Schwalbe selaku Bugatti Head of Chassis Development, mengatakan fokus Bugatti pada Chiron Sport adalah menjaga kemampuannya dan meningkatkan pengendaliannya. Seperti diketahui, Chiron Sport lebih cepat 5 detik dibanding Chiron 'standar' saat diuji di sirkuit pengujian Nardo.

"Paket performa tinggi itu sia-sia tanpa adanya pengurangan bobot," ungkap Schwalbe. Sehingga fokus team Bugatti adalah pengurangan bobot. 

Jendela belakang terbuat dari bahan yang ringan, begitu juga penggunaan knalpot quad-pipe yang juga ringan. Bugatti Chiron Sport juga menggunakan carbon fiber stabilizer bars. Bagian pelek juga dibuat lebih tipis namun kuat. Hasilnya? Bobot keseluruhan mobil berkurang 18 kg.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Jika diperhatikan pada lengan wiper kaca depan menggunakan serat karbon yang dirancang dengan sempurna.

"Ini pertama di dunia untuk mobil jalanan," kata Schwalbe.

Untuk segi interiornya masih menawarkan kemewahan infotainment yang sama dengan yang standar, yang mengutamakan kenyamanan di belakang kemudi.

Sistem pengeremannya juga menggunakan Dynamic Torque Vectoring di sudut-sudut kecepatan rendah untuk mengurangi understeer tanpa mengubah stabilitas kecepatan tinggi Chiron.

Menurut laman resmi situs Bugatti, mobil Bugatti Chiron merupakan mobil eksklusif, paling bertenaga dan paling cepat dari semua produk mobil sport Bugatti yang pernah dibuat hingga saat ini.

Bugatti Chiron pertama kali dikenalkan ke publik pada gelaran Geneva Motor Show yang digelar pada Maret 2016 silam.  

Tidak mengherankan apabila mobil ini diklaim sebagai mobil paling bertenaga yang dimiliki oleh Bugatti. Chiron  dibekali dengan mesin berkapasitas 7.993 cc.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.