Sukses

4 Langkah Wajib Sebelum Beli Mobil, Biar Dapat yang Terbaik

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki sebuah kendaraan terbaru, baik sepeda motor atau mobil kini semakin mudah. Pasalnya dealer memberikan berbagai program yang memang memudah calon konsumen. Belum lagi adanya pilihan pembayaran tidak hanya cash, namun kredit dengan bunga ringan.

Namun begitu, ada baiknya jika ingin membeli mobil baru, Anda wajib sedikit bawel, agar tak terperangkap rayuan gombal sang sales yang ingin mencari keutungan lebih.

 

Sebaliknya, seharunya konsumen yang membeli mobil juga harus tetap untung.

Berikut ini situs daring Cermati, memberikan beberapa tips yang patut ditiru saat Anda akan membeli mobil baik dengan cara tunai atau dicicil.

Namun sebelum pergi ke showroom, ada baiknya mencari penawaran terbaik yang menguntungkan. Jadi, jangan sampai saat tiba di showroom malah bingung dan asal beli saja karena tak sabar memboyong pulang sang sepeda motor atau mobil impian.

 

1 dari 6 halaman

1. Cek Harga Pasaran

Informasi dapat mudah didapatkan lewat internet, termasuk informasi terkait harga mobil. Oleh sebab itu, cari tahu terlebih dahulu harga pasaran mobil yang akan dibeli di internet. Tujuannya, agar tidak membeli mobil dengan harga lebih tinggi dibandingkan harga pasaran.

2 dari 6 halaman

2. Baca Review Mobil

Baca juga review dari mobil yang akan dibeli di internet. Pahami apa kelebihan dan kekurangannya agar tidak kecewa nantinya. Bisanya, ada testimoni di forum-forum pecinta otomotif mengenai plus dan minus suatu jenis mobil. Pendapat dari mereka, tentu saja bisa dijadikan acuan karena pasti mereka sudah mencoba berkendara dengannya.

3 dari 6 halaman

3. Perhitungkan Uang Jajan Mobil

Anda juga harus memerhitungkan berapa uang jajan mobil tersebut. Maksudnya, berapa biaya pemeliharaan yang akan dihabiskan untuk jenis mobil yang ingin dibeli. Setiap mobil, tentunya memiliki biaya tambahan berbeda-beda. Hal tersebut bergantung pada faktor keiritan bensin, harga servis bulanan, harga suku cadang, dan lain sebagainya.

4 dari 6 halaman

4. Pilih Dealer Rekomendasi

Sebelum memutuskan untuk datang ke sebuah dealer mobil, tentukan dulu mana dealer tujuan. Hal ini dilakukan karena akan dealer mobil tidak mungkin ada satu di sebuah kota, apalagi di kota besar. Banyak pilihan tentu saja membuat pembeli bingung, terlebih bagi mereka yang masih awam.

Pilihlah dealer mobil yang terpercaya. Anda bisa meminta rekomendasi dari teman, keluarga, atau tetangga yang pernah membeli mobil di suatu dealer dekat rumah. Terlebih, hal tersebut juga berguna apabila rekan Anda kenal dekat dengan pemilik dealer mobil tersebut. Anda bisa mendapatkan harga spesial dan bonus-bonus menarik.

5 dari 6 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Ke Kantor, Ini Gaya Hijab Pilihan yang Bisa Kamu Sontek
Artikel Selanjutnya
Depresi Pada Pria Ditandai oleh 8 Hal