Sukses

Melihat Langsung Produksi Motor Handmade di Italia

Liputan6.com, Milan - Italia merupakan salah satu negara dengan produsen otomotif terbanyak di dunia. Brand-brand beken lahir di sini, sebut saja Ducati, Vespa, ataupun produsen supercar, seperti Ferrari dan Lamborghini.

Tak heran jika selama berada di Italia, rombongan Champions Team Suryanation Motorland 2017 memanfaatkan waktu untuk berkunjung ke beberapa tempat otomotif bersejarah. Salah satu tempat yang disambangi adalah pabrik Moto Guzzi yang merupakan bagian dari perusahaan induk Piaggio.

"Champions Team Suryanation Motorland 2017 kembali melanjutkan agenda perjalanan yang tentunya dapat membawa pengalaman baru serta inspirasi untuk para builder," terang Brand Manager Surya Ari Kusumo Wibowo dalam keterangan resminya.

Sekadar informasi, pabrik Moto Guzzi berlokasi di Mandello Del Lario. Pabrik yang berdiri sejak 1921 ini merupakan salah satu pabrik khusus perakitan motor yang sudah menghasilkan berbagai macam produk sepeda motor dan sampai sekarang tidak menggunakan perangkat mesin dalam perakitannya.

Jadi autentik dan orisinalitas dari salah satu motor kebanggaan Italia ini benar-benar dipertahankan. Hampir seluruh tipe motor Moto Guzzi dirakit di pabrik ini, saat Champions Team Suryanation Motorland 2017 tiba, line produksi sedang merakit tipe Stone.

"Ini adalah pabrik perakitan motor yang seluruh prosesnya handmade dan tidak mengandalkan perangkat robotik,” ujar Siarkansyah, salah satu pemenang Suryanation Motorland 2017 asal Medan.

Tentu saja pengalaman selama melihat proses produksi motor Moto Guzzi ini menjadi bekal bagi peserta untuk meningkatkan kualitas motor custom yang mereka ciptakan.

Tidak cuma melihat produksi motor, rombongan juga berkesempatan masuk ke museum yang masih satu kawasan dengan pabrik. Di sini, mereka melihat koleksi motor Moto Guzzi yang memiliki nilai historis.

"Museum ini memiliki koleksi yang sangat lengkap, malah motor prototipe yang pertama kali di buat tahun 1919 juga masih tersimpan utuh sampai bannya juga masih asli,” kata Rio Gustav, pemenang Palembang yang menggemari motor-motor tipe klasik.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

1 dari 2 halaman

Berkunjung ke Sirkuit Legendaris

Puas melihat-lihat isi museum, rombongan bertolak ke Sirkuit Monza yang merupakan trek balap legendaris Italia.

Sirkuit bernama lengkap Autodromo Nazionale Monza ini pertama kali dibuka pada 1922 dan lebih sering dijadikan arena kompetisi Formula 1 (F1). Sementara untuk MotoGP, sirkuit ini terakhir kali menyelenggarakan pada 2013.

Di sini mereka mendapatkan keistimewaan dengan melihat tempat-tempat yang tidak sembarang orang bisa memasukinya, seperti race kontrol, ruang meeting pembalap dan podium.

Usai melihat seisi Sirkuit yang berada di pinggiran Kota Milan ini, rombongan berkeliling di pusat kota dan mengunjungi Duomo di Milano Cathedral di pusat Kota Milan yang merupakan gereja umat Kristiani terbesar kelima di dunia.

Artikel Selanjutnya
Motor Klasik Listrik Ini Tampil Nyentrik
Artikel Selanjutnya
Motor Sport Roda Tiga Yamaha Resmi Dijual