Sukses

Setelah R 1200 GS, Polisi Bakal Pakai Motor Adventure Murah BMW?

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mengawal perhelatan olahraga terbesar di Asia, pihak Kepolisian Republik Indonesia (RI) sudah membeli sebanyak 50 BMW R 1200 GS. Motor asal Jerman ini, rencananya bakal digunakan sebagai kendaraan patroli selama perhelatan Asian Games 2018.

Dijelaskan Joe Frans, CEO BMW Motorrad Indonesia, pengadaan 50 unit BMW R 1200 GS ini sudah dilakukan sejak tahun lalu.

"Jumlah unit yang tahun ini, saya tidak bisa ngomong ya, tetapi yang 2017 sudah membeli sebesar 50 unit. Terkait apakah ada penambahan unit di tahun ini, teman-teman harus tanya ke mereka (Polisi)," jelas Joe di kawasan BSD, Tangerang, belum lama ini.

Sementara itu, ketika ditanya apakah pihak BMW Motorrad Indonesia bakal menawarkan model petualang termurah yang baru saja diluncurkan, yaitu BMW G 310 GS, pihak BMW Motorrad Indonesia mengaku masih berkonsentrasi untuk pasar retail.

"Untuk yang ini (BMW G 310 GS) kami prioritaskan yang retail market dahulu," tegas Joe.

1 dari 2 halaman

Motor petualang kelas dunia

Meskipun sepeda motor yang bermain di segmen adventure terdiri dari banyak model dan merek, hanya segelintir saja yang mampu membuktikan diri sebagai sepeda motor yang tangguh. Dari sekian banyak merek, salah satu yang berhasil membuktikan performanya melahap segala medan adalah BMW R 1200 GS.

Motor ini diperkenalkan pertama kali pada 35 tahun lalu atau tepatnya pada musim gugur 1980. BMW R 1200 GS didesain mengkombinasikan antara kemampuan off road dan motor jalanan. Maka tidak heran jika motor ini menjadi pilihan para petualang dunia.

BMW R 1200 GS pernah dipakai aktor Ewan McGregor untuk berkeliling dunia dari London, Inggris ke New York Amerika Serikat. Perjalanan bertajuk Long Way Down melahap jarak 19.198 mil atau 30896 km. Sepeda motor ini juga pernah digunakan John O'Groats berpetualang dari Inggris ke Afrika Selatan.

BMW R 1200 GS dipersenjatai mesin berkubikasi 1.170 cc yang menghasilkan tenaga 125 Tk dengan torsi 125 Nm. Tak luput, pabrikan Bavaria tersebut juga membekali berbagai fitur unggulan diantaranya suspensi elektronik semi-aktif, kontrol traksi, dan rem ABS.

Pada laman resmi BMW dikatakan pula jika suspensi pada R 1200 GS terbaru sangat stabil dan menjaga performa maksimal sepeda motor saat di jalan aspal maupun medan yang cukup sulit. Selain itu motor petualang ini juga menawarkan ergonomi berkendara yang fleksibel sehingga pengendara dapat beradaptasi dengan mudah,

Di Indonesia, Maxindo Moto sebagai distributor resmi BMW Motorrad memasarkan dua varian R 1200 GS antara lain R 1200 GS tipe standar seharga Rp 663 juta dan untuk R 1200 GS Adventure dihargai Rp 688 juta.

Artikel Selanjutnya
KTM Luncurkan Motor Sport 250 cc dengan Knalpot Samping, Berapa Harganya?
Artikel Selanjutnya
Daftar Merek Otomotif Peserta GIIAS 2018