Sukses

Kia dan Hyundai Bakal Punya Asisten Digital, Apa Fungsinya?

Liputan6.com, Jakarta - Kia dan Hyundai dikenal sebagai pabrikan yang rajin mengadopsi teknologi terbaru pada mobil-mobilnya. Kali ini, pabrikan asal Korea tersebut akan menyematkan kecerdasan buatan pada mobilnya mulai 2019.

Dilansir engadget, langkah tersebut perlu dilakukan untuk mengantisipasi semua kendaraan yang akan saling terhubung pada 2025. Untuk mewujudkan hal ini, pabrikan asal Korea Selatan tersebut bekerja sama dengan SoundHound untuk menciptakan Intelligent Personal Agent.

Intelligent Personal Agent akan memberikan sugesti terhadap penggunanya (seperti pengingat jadwal keseharian) dan menawarkan pengendalian secara remote.

Memang terdengar seperti voice assistants yang sudah ditawarkan. Namun, pabrikan Negeri Gingseng tersebut akan menyematkan dukungan canggih, seperti "multiple-command recognition".

Misalnya, jika pengemudi meminta untuk memeriksa keadaan cuaca dan menyalakan lampu secara bersamaan, kecerdasan buatan akan menyadari kedua perintah tersebut dan melakukannya bersamaan.

Teknologi Intelligent Personal Agent ini akan dipamerkan pada ajang CES 2018. Jadi, Anda tidak perlu menunggu sampai 2019 untuk melihat teknologi ini beraksi.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

2 dari 2 halaman

Mobil Kecil Kia

Salah satu mobil kecil asal Korea Selatan, Kia Ray, bakal mendapatkan penyegaran. Pertama kali, mobil ini muncul pada 2011, dan hingga saat ini belum mendapatkan facelift sekalipun.

Melansir Paultan, ditulis Jumat (8/12/2017), sketsa depan dan belakang Kia Ray sudah muncul di dunia maya. Sketsa ini pertama kali muncul di fanpage Facebook Hyundai Group, dengan judul melakukan debut bulan ini.

Jika dilihat dari bentuk sketsa, mobil memiliki desain yang mirip dengan Ray 2011. Jadi, model ini tidak bakal menjadi generasi kedua, dan merupakan desain ulang dari kei car asal Korea Selatan.

Untuk model baru, bakal kehilangan radiator gril yang disebut Tiger Nose, yang terlihat seperti kumis yang terletak di bawah lampu depan dan logo.

Untuk sisi lampu depan menyambung ke sayap depan yang telah dibulatkan, lampu proyektor, serta LED, dan foglamp.

Untuk bagian belakang, bagian atas berwarna hitam, dan lampu belakang yang didesain ulang, serta lampu LED berbentuk C.

Untuk mesinnya, Kia Ray dipersenjatai dengan mesin Kappa berkapasitas 1,0 liter yang mampu mengembuskan daya hingga 78 Tk. Model ini dikawinkan dengan transmisi otomatis empat percepatan, dan kabarnya model ini juga bakal dihadirkan versi listrik dengan daya jelajah sampai 139 km.